Analisis Peran Ekonomi Kreatif Bidang Kriya Dalam Meningkatkan Pendapatan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Ardhina Batik Medan)

Uyuni, Audry (2021) Analisis Peran Ekonomi Kreatif Bidang Kriya Dalam Meningkatkan Pendapatan dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Ardhina Batik Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi AUDRY UYUNI - Eki 2021 (Bebas Pustaka).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya ekonomi kreatif dipandang sebagai suatu sektor ekonomi baru yang dapat menghasilkan dampak yang cukup substansial, sampai-sampai dinilai ke depan harus menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Sebagaimana amanat Presiden RI, Joko Widodo pada 4 Agustus 2015 lalu saat melakukan peluncuran Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Ekonomi Kreatif dalam suatu bangsa/wilayah berperan dalam penciptaan tenaga kerja masyarakat, pendapatan masyarakat, bahkan ke pengembangan sosial budaya masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ekonomi kreatif bidang kriya (kerajinan) yang dijalankan Ardhina Batik Medan dalam meningkatkan pendapatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat perspektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peran ekonomi kreatif bidang kriya (kerajinan) yang dijalankan oleh tiap-tiap pengrajin Ardhina Batik Medan di Kelurahan Bantan adalah dengan berupaya meningkatkan kualitas dan kreativitas serta inovasi dari para pengrajin sehingga dapat bersaing dengan industri batik lainnya, selain itu mereka turut mengikuti permintaan pasar sehingga produktivitas kerja semakin terasah pendapatan pun semakin meningkat. Ardhina Batik Medan juga memberikan peranan terhadap upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat sebagai wujudnya ialah dengan mengikutsertakan ibu-ibu sekitar sebagai tenaga pekerja di Ardhina Batik Medan. Serta dalam mengelola usahanya, tiap-tiap pengrajin Ardhina Batik Medan telah menerapkan beberapa prinsip etika bisnis Islam seperti prinsip tauhid, adil kehendak bebas, dan tanggung jawab

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 18 Nov 2021 09:04
Last Modified: 18 Nov 2021 09:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12517

Actions (login required)

View Item View Item