Implementasi Fatwa MUI No. 23 Tahun 2020 Tentang Pemanfaatan Dana Zakat Untuk Penanggulangan Wabah Covid 19 (Studi Kasus di BAZNAS Sumatera Utara)

Madjid, Muhammad Nurcholis (2021) Implementasi Fatwa MUI No. 23 Tahun 2020 Tentang Pemanfaatan Dana Zakat Untuk Penanggulangan Wabah Covid 19 (Studi Kasus di BAZNAS Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
skripsi madjid full.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meluasnya pandemi Covid-19 diberbagai negara khususnya Indonesia yang memberikan dampak buruk terhadap tatanan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar hukum pemanfaatan dana zakat untuk penanggulangan Wabah Covid 19 berdasarkan Fatwa MUI No. 23 Tahun 2020, alasan pengurus BAZNAS Sumatera Utara terkait pelaksanaan Fatwa MUI No. 23 Tahun 2020, dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Fatwa MUI No. 23 Tahun 2020 di BAZNAS Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis normatif yuridis atau penelitian hukum normatif dengan pendekatan empiris. Metode penelitian (mode of inquiry) yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan model penelitian kualitatif dengan pendekatan solosiologi hukum. Penelitian ini ditemukan bahwa Dasar hukum pemanfaatan dana zakat untuk penanggulangan Wabah Covid 19 dalam Fatwa MUI No. 23 Tahun 2020 diantaranya adalah Alqur’an, Hadis, dan berbagai pendapat ulama, kaidah fikih dan fatwa MUI terkait zakat. Alasan pengurus BAZNAS Sumatera Utara terkait pelaksanaan Fatwa MUI No. 23 Tahun 2020 karena terdapat program kegiatan yang telah ditetapkan, sehingga selama masa pandemi Covid 19 Baznas Sumatera Utara tetap melaksanakan kegiatan rutinitas sebagaimana yang telah ditetapkan berdasarkan program kegiatan harian, bulanan dan tahunan, dan tidak adanya pemberitahuan oleh MUI kepada Baznas Sumatera Utara terkait Fatwa MUI No. 23 Tahun 2020. Yang dalam hal ini seharusnya MUI melibatkan pihak Baznas dalam pembahasan fatwa tersebut meningatkan fatwa ini membahas persoalan menyangkut infaq, sedekah, dan zakat yang berada di Baznas. Dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Fatwa MUI No. 23 Tahun 2020 di BAZNAS Sumatera Utara yaitu 1. Tidak adanya keterlebitan Baznas oleh MUI terkait Fatwa MUI No. 23 Tahun 2020, 2. Dana yang masuk belum maksimal, keterbatasan dana di satu kelompok saja. Jumlah yang berzakat dengan asnaf belum sebanding. Banyak perusahaan BUMN belum sepenuhnya menyalurkan zakat, 3. Kondisi Covid-19 ini, Sehingga ekonomi masyarakat pada saat ini semakin hari semakin merosot bahkan tidak bisa untuk mengeluarkan zakat karena tidak sampai nisabnya

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 18 Nov 2021 08:27
Last Modified: 18 Nov 2021 08:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12515

Actions (login required)

View Item View Item