Perawatan Kesehatan Mental Dalam Keluarga Pada Anggota Keluarga Yang Sakit Di Desa Rejewali Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah

Rahmadania, Santika (2021) Perawatan Kesehatan Mental Dalam Keluarga Pada Anggota Keluarga Yang Sakit Di Desa Rejewali Kecamatan Ketol Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Revisi Skripsi Santika Ramdahnia (0102171043).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesabaran dan kesetiaan sebagai perawatan kesehatan mental dalam keluarga terhadap orang tua yang sakit kronis dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk-bentuk perawatan kesehatan mental tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sasaran penelitian maupun catatan dari sumber yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian ini, (1) Bentuk-bentuk perawatan kesehatan mental terhadap orang tua sakit kronis yang dilakukan adalah kesabaran dan kesetiaan. Kesabaran dan kesetiaan sangat diperlukan dalam merawat orang tua yang sakit kronis dan sebagai perawatan kesehatan mental sehingga dapat mengelola perasaan dan menjaga kestabilan emosi. (2) Faktor yang mempengaruhi perawatan kesehatan mental yaitu faktor biologis, faktor psikologis, faktor sosial-budaya, dan faktor lingkungan. Faktor biologis berperan penting dalam merawat orang tua yang sakit kronis. Individu yang memahami diri sendiri akan lebih mudah mengelola dan mengontrol emosi, serta sikap bersyukur dan menerima kenyataan, sehingga dapat menjaga kesehatan mental yang baik. Faktor psikologis mempengaruhi perawatan kesehatan mental dalam merawat anggota keluarga yang sakit, pengalaman bagi informan dalam merawat anggota keluarga yang sakit dapat meningkatkan kesabaran dan kesetiaan. Faktor sosial-budaya yaitu bagaimana individu dalam merespon situasi yang terjadi. Sehingga ini mempengaruhi informan dalam merawat anggota keluarga yang sakit. Faktor lngkungan keluarga sangat mempengaruhi kesabaran dan kesetian informan. Keluarga dan lingkungan masyarakat hendaknya memberikan dukungan positif agar meningkatkan nilai kesabaran dan kesetiaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.1 Falsafah > 2X7.15 Ilmu jiwa agama Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:44
Last Modified: 18 Nov 2021 03:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item View Item