Pengaruh Hasil Investasi dan Underwriting Terhadap Laba Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Septia, Dinda Tri (2021) Pengaruh Hasil Investasi dan Underwriting Terhadap Laba Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
skripsi dinda finish.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mendapatkan laba yang lebih tinggi dan menjadi menguntungkan adalah tujuan utama perusahaan yang didirikan dengan fokus keuntungan. Penelitian ini dilatar belakangi dari kinerja perusahaan yang baik dilihat dari kemampuan manajemen memperoleh laba selama menjalankan operasional perusahaan. Salah satu cara untuk mengetahui kinerja dari perusahaan adalah melalui laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hasil investasi dan underwriting sebagai variabel dependen dan laba perusahaan sebagai faktor independen. Apakah dari kedua variabel dependen tersebut dapat berpengaruh terhadap laba perusahaan secara parsial maupun secara simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tahunan dari tahun 2015-2019. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi data panel dengan menggunakan program computer EViews 10 dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil Investasi dan Underwriting secara simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap laba perusahaan asuransi jiwa syariah dengan nilai Prob. (F-statistics), yakni 0,00000< 0,05. Variabel investasi dan underwriting secara simultan atau bersama- sama mempengaruhi laba bersih sebesar 63,76%, sisanya sebesar 36,24% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hasil investasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Laba perusahaan asuransi jiwa syariah dengan nilai koefisien regresi -0,21. Hasil underwriting berpengaruh positif dan signifikan terhadap Laba perusahaan asuransi jiwa syariah dengan nilai koefisien regresi 0,98.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Investasi, Underwriting dan Laba perusahaan
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Nov 2021 05:41
Last Modified: 11 Nov 2021 05:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12490

Actions (login required)

View Item View Item