Implementasi dan Optimalisasi Sistem Akuntansi Berbasis Akrual dalam Meningkatkan Kualitas Pelaporan Pemerintahan (Studi Kasus pada BAPPEDA Tanjung Balai)

Simanjuntak, Hastia (2021) Implementasi dan Optimalisasi Sistem Akuntansi Berbasis Akrual dalam Meningkatkan Kualitas Pelaporan Pemerintahan (Studi Kasus pada BAPPEDA Tanjung Balai). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL HASTIA SIMANJUNTAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi sejauh mana penerapan dan optimalisasi sistem akuntansi akrual sudah meningkatkan kualitas pelaporan pemerintah khususnya pada Bapeda Tanjung Barai. Kepentingan penelitian yang dilakukan bersifat teoritis dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan memakai pendekatan fenomenologis. Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini merupakan jenis data kualitatif dan sumber data primer dan sekunder. Metode data yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan memakai wawancara dan dokumen. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kualitas interaksi Bapeda Tanjung Balai sudah sesuai dengan menggunakan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Hal ini ditopang oleh semangat BAPPEDA Tanjung Balai untuk menerapkan dan mengoptimalkan sistem akuntansi akrual untuk mempertinggi kualitas laporan pemerintah yang diperoleh penulis selama penelitian, dan beberapa lebih jelasmua penggunaan sistem tersebut didukung dengan aturan yang baik. Namun, departemen sumber daya manusia BAPPEDA Tanjung Balai belum sepenuhnya tahu sistem akuntansi akrual yang diperkenalkan oleh pemerintah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Akuntansi Pemerintahan, Akrual Basis, Kualitas Pelaporan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Nov 2021 04:10
Last Modified: 11 Nov 2021 04:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12488

Actions (login required)

View Item View Item