Peran Program Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perempuan Di Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan

Lubis, Julika Sari (2021) Peran Program Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perempuan Di Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JULIKA SARI LUBIS PMI A 2017 1.pdf

Download (628kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menerangkan bagaimana peran Kelompok Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan di Kecamatan Tanjung Balai melalui beberapa program yang sudah diaplikasikan serta memantau pelaksanaan dan pendampingan masyarakat melalui beberapa program dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan serta mengungkapkan kendala yang dihadapi oleh pihak pemberdayaan perempuan kepala keluarga dalam menerapkan kegiatan tersebut. Adapun jenis metode yang diterapkan adalah metode kualitatife dengan pendekatan deskriftif, serta memakai teknike pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, dalam teknik analisis data menggunakann reduksi data, penyajian dataa dan menarik kesimpulan. Terkait temuann penelitian dari penelitian yaitu usaha peran program Kelompok Pemberdayaan Perempun Kepala Keluarga melalui program yang diterapkan untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan adapun peran yang dilaksanaka dalam bidang ekonomi, pendidikan, hukum, politik, kesehatan dan media. Adapun peran yang dilaksanakan Kelompok Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para perempuan kepala keluarga di Kecamatan Tanjung Balai dan sudah berlangsung dengan baik. Pelaksanaan dan pendampingan yang dilakukan oleh Kader Kelompok Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga berupa melakukan pelatihan kepada para perempuan seperti melakukan pelatihan keterampilan, pengembangan usaha, konseling, media komunitas, pendidikan dan melakukan pendampingan serta penyuluhan. Adapun kendala yang dihadapi adanya pengalihan kesibukan aparat pemerintah dalam melakukan pelayanan masyarakat, terjadi masalah saling pertentangan mendasar antara konsep atau wacana dengan tindakan serta adanya budaya patriarki, serta kurangnya partisifasi masyarakat dan adanya rasa malas untuk belajar serta tidak bisa membagi waktu antara pekerjaan rumah tangga dan pekerjaan publik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.23 Materi Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Nov 2021 04:01
Last Modified: 11 Nov 2021 04:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12487

Actions (login required)

View Item View Item