Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019).

Syahhanum, Syahhanum (2021) Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Syahhanum_0502173511_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perusahaan multinasional yang memiliki anak perusahaan di berbagai negara dengan tingkat pajak yang berbeda di setiap negara, menggunakan harga transfer untuk memindahkan biaya ke negara yang berpajak tinggi di mana hal tersebut dapat meminimalkan pembayaran pajak dan memindahkan pendapatan ke negara- negara yang berpajak rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019 yang berjumlah 80 perusahaan dan sampel berjumlah 9 perusahaan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan yakni regresi data panel dengan bantuan program statistik eviews 9.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial tunneling incentive berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan melakukan transfer pricing. Sedangkan mekanisme bonus, leverage, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan melakukan transfer pricing. Secara simultan diperoleh bahwa tunneling incentive, mekanisme bonus, leverage, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama mempengaruhi transfer pricing. Kemampuan prediksi dari variabel independen tersebut terhadap transfer pricing sebesar 36,53% sedangkan sisanya 63,47% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Leverage, Ukuran Perusahaan, Transfer Pricing.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:35
Last Modified: 11 Nov 2021 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12486

Actions (login required)

View Item View Item