Kontribusi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Ulil Albab dalam Pembinaan Pendidikan Islam Mahasiswa UIN SU

Utami, Minin (2020) Kontribusi Lembaga Amil Zakat (LAZ) Ulil Albab dalam Pembinaan Pendidikan Islam Mahasiswa UIN SU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Minin Utami.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lembaga zakat yang memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa sudah terhitung banyak, namun untuk memberikan pembinaan pendidikan secara intens dalam bidang akademik kemungkinan bisa terhitung jumlahnya. Hal ini sangat menarik, jika ada lembaga pengelola zakat dari program pendidikannya bukan hanya mempunyai program beasiswa yang berupa materi namun juga dapat memberikan pembinaan keilmuan. Lembaga Amil Zakat Ulil Albab adalah salah satu contoh lembaga zakat yang menerapkan hal tersebut. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi, dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi- dokumentasi yang mendukung. Hasil penelitian yang diperoleh ialah sistem pembinaan pendidikan Islam Lembaga Amil Zakat Ulil Albab memiliki sistem pembinaan yang sama dengan sistem pendidikan Islam. Hasil pembinaan ini bagi lulusan ialah memiliki prinsip terus belajar, bertambahnya jumlah hafalan Alquran dan hadis serta keilmuannya, memiliki motivasi untuk peduli ketika di masyarakat, memiliki kemampuan manajemen yang baik, aktif memberikan pembinaan ilmu keislaman pada masyarakat lingkungan sekitar, berkontribusi dalam komunitas dakwah dan organisasi masyarakat serta berpartisipasi dalam pembinaan peserta beasiswa. Faktor pendukung pembinaan ialah adanya dukungan dari lembaga, adanya kantor, tempat pembinaan, ketersediaan bahan belajar, fasilitas yang tersedia, peran alumni, keberagaman peserta beasiswa serta waktu luang. Faktor penghambat pembinaan ini ialah transportasi ke pelosok tidak tersedia, kantor yang kurang luas serta peserta beasiswa belum bisa mengatur waktu dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Lembaga Amil Zakat, Pembinaan Pendidikan Islam
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.38 Pendidikan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Nov 2021 08:06
Last Modified: 10 Nov 2021 08:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12468

Actions (login required)

View Item View Item