Wanprestasi Pembayaran Jual Beli Tanah di Tinjau dari Pendapat Imam Syafi’i (Studi Kasus di Kelurahan Pasar Baru Batahan Kabupaten Mandailing Natal)

Hasanah, Uswatun (2021) Wanprestasi Pembayaran Jual Beli Tanah di Tinjau dari Pendapat Imam Syafi’i (Studi Kasus di Kelurahan Pasar Baru Batahan Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
pdf skripsi perpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul : Wanprestasi Pembayaran Jual Beli Tanah Di tinjau Dari Pendapat Imam Syafi’i (Studi Kasus di Kelurahan Pasar Baru Batahan Kabupaten Mandailing Natal). Jual beli adalah suatu perjanjian tukar menukar harta benda yang memberikan kemaslahatan bagi kedua belah pihak atas dasar suka sama suka yang di dalamnya terdapat pihak penjual dan pembeli serta dalam melaksanakan tersebut berdasarkan syara’. Namun, apabila hak dan kewajiban tidak dijalankan sebagaimana mestinya oleh salah satu pihak, maka terjadi konflik kepentingan yaitu wanprestasi (ingkar janji). Adapun yang menjadi permasalahan yang di angkat dalam skripsi ini adalah Bagaimana hukum jual beli di tinjau dari pendapat Imam Syafi’i, Apakah faktor penyebab terjadinya wanprestasi pembayaran jual beli tanah di kelurahan Pasar Baru Batahan Kabupaten Mandailing Natal, Bagaimana hukum terhadap wanprestasi pembayaran jual beli tanah yang terjadi di kelurahan Pasar Baru Batahan ditinjau dari pendapat Imam Syafi’i. Penulisan skripsi ini mengguanakan metode penelitian hukum normatif dan metode pustaka, pengolahan data yang terkumpul meliputi klasifikasi dan di deskripsi sesuai dengan apa yang di bahas di dalam penelitian. Data hasil wawancara di lapangan dan studi pustaka di klasifikasi dan di deskripsikan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwa di dalam transaksi jual beli sudah sesuai menurut pendapat Imam Syafi’i, namun di dalam transaksi tersebut salah satu pihak melakukan wanprestasi. Wanprestasi tersebut terjadi karena kesalahan salah satu pihak (pembeli), akibat wanprestasi pembayaran jual beli tanah tersebut berupa ganti rugi. Ganti rugi ini mengandung unsur gharar (ketidakjelasan) yang mengakibatkan salah satu dari kedua belah pihak yang melakukan transaksi sangat dirugikan dan terzalimi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual beli, Wanprestasi, Gharar.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:49
Last Modified: 10 Nov 2021 07:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12466

Actions (login required)

View Item View Item