Pengaruh Pencantuman Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Masyarakat Muslim Stabat

Hrp, Saufa Yardha (2020) Pengaruh Pencantuman Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Masyarakat Muslim Stabat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Saufa Yarda Hrp.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalahnegara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia, konsumennya masih belum memiliki kesadaran yang tinggi soal makanan halal dan Harga jual mie samyang terbilang lebih tinggi dibandingkan mie instan lainnya. Namun harga jual yang cukup mahal ini ternyata tidak mempengaruhi tingkat konsumen warga di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apakah pengaruh pencantuman label halal terhadap keputusan pembelian masyarakat muslim kecamatan stabat?, apakah pengaruh harga terhadap keputusan pembelian masyarakat muslim kecamatan stabat? dan apakah pengaruh pencantuman label halal dan harga terhadap keputusan pembelian masyarakat muslim kecamatan stabat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pencantuman label halal terhadap keputusan pembelian serta untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian masyarakat muslim di kecamatan Stabat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat muslim Kecamatan Stabat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 orang Remaja di Kecamatan Stabat dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan pengukuran Skala Likert. Data di proses melalui program SPSS Versi 22,0 dengan teknis analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pencantuman Label Halal tidak berpengaruh signifikan dengan keputusan pembelian Masyarakat muslim Kecamatan Stabat dengan hasil uji t sebesar thitung > ttabel adalah 3,128 >1,98472 dengan nilai signifikansi 0,898 < 0,05. Sedangka Variabel Harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t sebesar thitung > ttabel adalah 3,909 > 1,98472. dan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000<0,05. Kemudian dari hasil nilai fhitung >ftabel yaitu 7,708 > 3,09 dengan nilai signifikan 0.001 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa Pencantuman Label Halal tidak mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara persial terhadap keputusan pembelian namun harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan Pencantuman label halal dan harga memiliki pengaruh secara Bersama-sama terhadap pembelian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pencantuman Label Halal, Harga, Mie Samyang, Keputusan Pembelian
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:35
Last Modified: 10 Nov 2021 07:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

View Item View Item