Pengaruh Anggaran Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Kemiskinan Di Indonesia Tahun 2011-2019

Anggraini, Sita (2021) Pengaruh Anggaran Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Kemiskinan Di Indonesia Tahun 2011-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan negara yang paling rumit yang dihadapi setiap negara.kemiskinan justru semakin bertambah dengan semakin rendahnya kemampuan daya beli masyarakat. Dalam rangka pengentasan kemiskinan serta pemerataan ekonomi, maka pemerintah membuat kebijakan penanggulangan kemiskinan yang telah dirumuskan kemudian diimplementasikan melalui Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dibawah koordinasi Wakil Presiden Republik Indonesia. Berbagai macam program telah dilaksakan salah satunya adalah melalui program PKH dan KUR. Telah dijelaskan bahwa program PKH dan KUR ini sangat berpengaruh dalam mengurangi angka kemiskinan. Namun dari data yang diperoleh dari BPS dan Kemensos terdapat ketidaksesuaian data dengan teori. Karena itu tujuan dari penelitian ini adalah: 1.untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh anggaran PKH terhadap Kemiskinan di Indonesia; 2. Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap Kemiskinan di Indonesia; 3. Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh anggaran PKH dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simulatan terhadap Kemiskinan di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda dengan data time series. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diterbitkan oleh BPS Sumatera Utara dan Kemensos 2011-2019. Dalam menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data yaitu dengan menggunakan Eviews 8. Berdasarkan hasil uji t pada Anggaran PKH diperoleh nilai probabilitas 0.00 < 0.05 maka artinya Anggaran PKH memiliki pengaruh yang signifikan bagi kemiskinan. Uji t Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga diperoleh nilai probabilitas 0.00 < 0.05 maka artinya Anggaran PKH memiliki pengaruh yang signifikan bagi kemiskinan. Hasil uji F juga menunjukkan Anggaran PKH dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dimana Fstatistik > F tabel yaitu 408.7357 > 3.28 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak. Artinya secara bersama-sama Anggaran PKH dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simultan berpengaruh terhadap variabel kemiskinan dengan nilai probabilitas 0.00 < 0.05. Artinya bahwa variabel kemiskinan terhadap Anggaran PKH dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah sesuai dan memiliki arti.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anggaran PKH, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kemiskinan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:26
Last Modified: 10 Nov 2021 07:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

View Item View Item