Analisis Perbandingan Akuntansi Berbasis Akrual Dalam Menyusun Laporan Keuangan Sebelum Dan Sesudah Menggunakan SIMDA (Studi Kasus Kota Madya Medan)

Pohan, Nanta Afsyari (2021) Analisis Perbandingan Akuntansi Berbasis Akrual Dalam Menyusun Laporan Keuangan Sebelum Dan Sesudah Menggunakan SIMDA (Studi Kasus Kota Madya Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP NANTA AFSYARI POHAN FIX(1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berlakunya peraturan pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual membawa perubahan besar dalam sistem pelaporan keuangan di Indonesia. Dan Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 membawa tatangan baru dalam dunia akuntansi Pemerintahan Daerah termasuk di Kantor Walikota Medan yang menggunakan SIMDA. Peneliti ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan akuntansi pendapatan berbasis akrual dalam menyusun laporan keuangan sebelum dan sesudah menggunakan SIMDA. Peneliti mengunakan metode kualitatif deskriptif melalui pengamatan wawancara, observasi, analisis dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan komponen laporan keuangan sebelum dan sesudah menggunakan SIMDA. Sebelum menggunakan SIMDA di Kantor Walikota Medan pada tahun 2015 dan 2016 komponen laporan keuangannya ada 5 (Lima) dan belum sesuai dengan PP No 71 Tahun 2010, sedangkan pada tahun 2017 di Kantor Walikota Medan sudah menggunakan SIMDA dan sudah sesuai dengan PP No 71 Tahun 2010 dan komponen laporan keuangannya sudah menjadi 7 (Tujuh), yang menjadi tambahannya adalah Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (SAL) dan Laporan Operasional (LO). Penerapan akuntansi berbasis akrual di Kantor Walikota Kota Medan telah diterapkan sejak tahun 2015, tetapi pada awal penerapan belum sesuai karena di awal penerapan masih banyak kendalanya. Pada tahun 2017 s/d sekarang sudah sesuai dengan PP No. 71 Tahun 2010. Terdapat kendala dalam menggunakan SIMDA yaitu Kesalahan teknis yaitu kesalahan jaringan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi Pendapatan, Standar Akuntansi Berbasis Akrual, Laporan Keuangan, Aplikasi SIMDA.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Nov 2021 06:43
Last Modified: 10 Nov 2021 06:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12460

Actions (login required)

View Item View Item