Strategi Partai Amanat Nasional Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Deli Serdang Daerah Pemilihan II

Armansyah, Dedy (2021) Strategi Partai Amanat Nasional Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilu Legislatif Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Deli Serdang Daerah Pemilihan II. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEDY ARMANSYAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemilu Legislatif tahun 2019 menjadi pesta demokrasi Hal itu menarik untuk dicermati semua elemen termasuk di kabupaten Deli Serdang. Tingginya antusias masyarakat menyaksikan penghitungan suara DPRD kabupaten Deli Serdang di TPS melebihi DPD, DPR RI dan Provinsi. Strategi apa yang dilakukan PAN untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat sehingga suara PAN sangat mendominasi di Kecamatan Tanjung Morawa. Pemilu Legislatif tingkat kabupaten Deli Serdang tahun 2019, PAN meraih suara calon Legislatif tertinggi di Kecamatan Tanjung Morawa yaitu Imran Obos dengan perolehan 5,810 suara, yang sudah terpilih dari tahun 2009 – 2014, 2014 – 2019, dan 2019 – 2024. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan Sosiologi Politik. Subjek penelitian ini adalah masyarakat kabupaten Deli Serdang, khususnya Kecamatan Tanjung Morawa, dan kader Partai, pengurus, simpatisan DPD PAN Deli Serdang dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada Pemilu Legislatif tingkat kabupaten Deli Serdang tahun 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian bahwa Partai Amanat Nasional dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada Pemilu Legislatif kabupaten Deli Serdang Dapil II, di antaranya dilakukan dengan cara, melakukan konsolidasi penguatan cabang dan ranting, menciptakan basis suara PAN, Menggalang tokoh yang berpengaruh dan pengusaha bergabung di partai PAN, Menguatkan peran dan menciptakan tokoh perempuan, menghidupkan kegiatan Partai di masyarakat, menciptakan PAN milenial, kaderisasi, Membuat media Partai PAN. Dari yang dilakukan tersebut PAN memperoleh 9,380 total suara Partai, menempati urutan Partai kedelapan yang memperebutkan delapan kursi di Dapil II. Dampak yang dilakukan PAN pada Pemilu Legislatif tahun 2019 tingkat kabupaten Deli Serdang di daerah pemilihan II dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat yaitu umumnya masyarakat memilih Partai PAN karena bermasyarakat, mendukung pergerakan Islam khusunya organisasi Islam. mengenali calon Legislatifnya, serta sangat berpengalaman dalam dunia politik disebabkan Imran Obos merupakan ketua DPD PAN Deli Serdang dan ketua Komisi I DPRD kabupaten Deli Serdang yang saat ini sudah terpilih selama tiga periode.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partai Amanat Nasional, Partisipasi Politik, Pemilu Legislatif
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Nov 2021 05:18
Last Modified: 10 Nov 2021 05:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12456

Actions (login required)

View Item View Item