Analisis Pengendalian Biaya Produksi Sebagai Produksi Usaha untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi pada PT.Perkebunan Nusantara II Kebun Sawit Seberang

Widiyati, Sri (2021) Analisis Pengendalian Biaya Produksi Sebagai Produksi Usaha untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi pada PT.Perkebunan Nusantara II Kebun Sawit Seberang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SW FIX (1) (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian biaya produksi pada PT. Perkebunan Nusantara II Kebun Sawit Seberang dan untuk mengetahui apakah pengendalian biaya produksi pada PT. Perkebunan Nusantara II Kebun Sawit Seberang mampu meningkatkan efisiensi biaya produksi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengendalian biaya produksi, perusahaan melakukan perhitungan terhadap biaya standar dan varians biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Hasil analisis varians antara biaya standar dengan biaya aktual pada PT. Perkebunan Nusantara II Kebun Sawit Seberang tahun 2019 yang dikeluarkan dari bulan Januari s.d Desember untuk bahan baku langsung adalah sebesar Rp -6.344.164.470, tenaga kerja langsung sebesar Rp 40.382.210 dan overhead pabrik sebesar Rp -8.613.270.371. Berdasarkan nilai tersebut dapat dilihat bahwa pengendalian biaya produksi belum dilakukan secara optimal karena masih terdapat selisih yang tidak menguntungkan atau unfavorable pada beberapa komponen biaya produksi. Di sisi lain, efisiensi biaya produksi belum merata di setiap komponen biaya produksi dengan tingkat efisiensi yaitu biaya bahan baku sebesar -30,6%, biaya tenaga kerja langsung sebesar 0,3% dan biaya overhead pabrik sebesar -30,9%. Sehingga pengendalian biaya produksi pada PT. Perkebunan Nusantara II Kebun Sawit Seberang belum mampu meningkatkan efisiensi biaya produksi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya, Efisensi, Pengendalian, Perkebunan, Produksi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Nov 2021 08:19
Last Modified: 02 Nov 2021 08:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12436

Actions (login required)

View Item View Item