Pengaruh Biological Assets Intensity, Ukuran Perusahaan, Konsentrasi Kepemilikan, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Aset Biologis Pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020

Nasution, Milyadina (2021) Pengaruh Biological Assets Intensity, Ukuran Perusahaan, Konsentrasi Kepemilikan, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Aset Biologis Pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MILYADINA NASUTION.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Potensi Agrikultur yang menunjang membuat banyak perusahaan di Indonesia bergerak pada bidang agrikultur sehingga memunculkan akun aset biologis pada informasi laporan keuangan. Pada aset biologis terdapat transformasi aset yang sangat diperlukan dalam pengungkapan informasi sebagai bentuk kontribusinya menghasilkan keuntungan bagi perusahaan perkebunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara simultan dan parsial antara biological assets intensity, ukuran perusahaan, konsentrasi kepemilikan dan profitabilitas terhadap pengungkapan aset biologis pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dengan mengumpulkan laporan keuangan triwulan berupa neraca, laporan laba rugi, dan catatan atas laporan keuangan tahun 2018 sampai dengan tahun 2020. Hasil uji F, diperoleh nilai F sebesar 13,379 dengan tingkat signifikan 0,000 berarti dengan demikian secara simultan biological assets intensity, ukuran perusahaan, konsentrasi kepemilikan dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan aset biologis. Berdasarkan hasil uji t secara parsial antara biological assets intensity terhadap pengungkapan aset biologis diperoleh t- hitung 0,064 dan t-tabel 1,990 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dari hasil tersebut bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara biological assets intensity terhadap pengungkapan aset biologis. Hasil uji t secara parsial antara ukuran perusahaan terhadap pengungkapan aset biologis diperoleh t-hitung -0,958 dan t-tabel 1,990 dengan tingkat signifikan 0,196 > 0,05 dari hasil tersebut bahwasanya tidak terdapat pengaruh antara ukuran perusahaan terhadap pengungkapan aset biologis. Hasil uji t secara parsial antara konsentrasi kepemilikan terhadap pengungkapan aset biologis diperoleh t-hitung -1,271 dan t-tabel 1,990 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dari hasil tersebut bahwasanya terdapat pengaruh antara konsentrasi kepemilikan terhadap pengungkapan aset biologis. Hasil uji t secara parsial antara profitabilitas terhadap pengungkapan aset biologis diperoleh t-hitung -1,147 dan t-tabel 1,990 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dari hasil tersebut bahwasanya terdapat pengaruh antara profitabilitas terhadap pengungkapan aset biologis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biological Assets Intensity, Ukuran Perusahaan, Konsentrasi Kepemilikan, Profitabilitas, Pengungkapan Aset Biologis.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Nov 2021 08:13
Last Modified: 02 Nov 2021 08:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item View Item