Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) No 02 Tentang Laporan Realisasi Anggaran (Studi Kasus pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mandailing Natal)

Nasution, Adinda Sari (2021) Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) No 02 Tentang Laporan Realisasi Anggaran (Studi Kasus pada Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Adinda Sari Nasution (Skripsi).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) merupakan standar akuntansi yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah. SAP berbasis akrual yang ditetapkan dalam PP Nomor. 71 Tahun 2010. PP ini telah berlaku namun lembaga pemerintah masih diperkenankan memakai PP Nomor 24 Tahun 2005 SAP berbasis kas mengarah akrual, hingga dengan tahun anggaran 2014. Laporan keuangan pemerintah daerah ialah cerminan kinerja pemerintah dalam satu periode akuntansi. Kantor DPMPPTSP Kabupaten Madina sudah menyusun serta menyajikan laporan keuangan pemerintah salah satu unsur laporan tersebut merupakan Laporan Realisasi Anggaran (LRA) yang diatur dalah PSAP Nomor. 02 PP Nomor. 71 Tahun 2010. Adapun tujuan penelitian ini merupakan untuk mengenali bagaimana kesesuaian Penerapan Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Kantor DPMPPTSP Kabupaten Madina dengan Pernyataan Akuntansi Pemerintah (PSAP) Nomor. 02 dalam Peraturan Pemerintah No 71 Tahun 2010 serta Untuk mengetahui bagaimana Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) Nomor. 02 dalam Peraturan Pemerintah No 71 Tahun 2010 terhadap Laporan Realisasi Anggaran (LRA) di Kantor DPMPPTSP Kabupaten Madina. Adapun jenis penelitian ini merupakan Pendekatan Kualitatif ini penelitian yang bersifat deskriptif serta cenderung menggunakan analisis. Jenis data yang digunakan merupakan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara serta teknik dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif dengan daftar checklist. Penelitian ini dilakukan di Kantor DPMPPTSP Kabupaten Madina yang berlokasi di di Komplek Perkantoran Bupati Payaloting Kab. Madina. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PSAP Nomor. 02 PP Nomor. 71 Tahun 2010 tingkatan kesesuaiannya mencapai 83% serta tingkatan kesesuaiannya mencapai 17% dengan menggunakan rumus Dean J. Champion. adapun ketidaksesuaiannya karena dalam penyusunan serta penyajian laporan realisasi anggaran Kantor Dinas Penanaman Modal serta Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mandailing Natal tidak menyajikan pos- pos Pendapatan LRA, tidak menyajikan pos-pos transfer, tidak melakukan pemindahan saldo lebih/ kurang anggaran ke laporan perubahan saldo anggaran, tidak mencatat transaksi mata uang asing ke mata uang rupiah, tidak menyusun laporan neraca berbasis akrual. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan PSAP Nomor. 02 PP Nomor. 71 Tahun 2010 pada Kantor DPMPPTSP Kabupaten Madina dikatakan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PSAP Nomor 02 PP Nomor 71 Tahun 2010, Laporan Realisasi Anggaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Nov 2021 05:14
Last Modified: 02 Nov 2021 05:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12417

Actions (login required)

View Item View Item