Suwarno, Suwarno (2016) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Strategi Jigsaw Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Materi Haji Di Kelas Viii Mts. Negeri Hamparan Perak. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.
|
Text
teisi Suwarno.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif strategi jigsaw dan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah yang diajar dengan pembelajaran kooperatif strategi jigsaw (3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori (4) Ada atau tidaknya interaksi antara pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi haji dan umrah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.Negeri Hamparan Perak Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 142 siswa. Kelas yang dijadikan sampel kelompok eksperimen adalah kelas VIII. A berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol adalah kelas VIII.B berjumlah 36 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan angket untuk motivasi belajar. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anava) dua jalur dengan mengunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran strategi jigsaw mendaperoleh nilai tertinggi 95 dan rata-rata 79,86, sedangkan strategi pembelajaran ekspositori memperoleh nilai tertinggi 89 dan rata-rata 76,97. (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi jigsaw dan memiliki motivasi tinggi memperoleh nilai tertinggi 95 dan rata-rata 84,40, sedangkan yang memiliki motivasi rendah memperoleh nilai tertinggi 89 dan rata-rata 75,31, (3) Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori dan memiliki motivasi tinggi dengan motivasi rendah terdapat perbedaan. Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori dan memiliki motivasi tinggi memperoleh nilai rata-rata 75,58 dan motivasi rendah 76,37, (4) Terjadi interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan perolehan nilai fh = 5,6 > ft = 3,98.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 06 Feb 2017 05:10 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 05:10 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1240 |
Actions (login required)
View Item |