Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Mental Anak Tunagrahita di Sekolah Inklusif Kota Medan

Kumalasari, Intan (2021) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Mental Anak Tunagrahita di Sekolah Inklusif Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DISERTASI INTAN KUMALASARI PEDI 4002183084.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Mental Anak Tunagrahita di Sekolah Inklusif Kota Medan yang memiliki keunikan dibandingkan dengan sekolah umum lainnya. Keunikannya adalah ketika dalam sebuah kelas terdapat anak normal dan anak berkebutuhan khusus yang masing-masing memiliki metode yang berbeda dalam proses pembelajaran, serta memiliki perbedaan kemampuan baik fisik maupun kecerdasannya, dengan menggunakan kurikulum yang sama bagaimanakah seorang guru mengajarkan Pendidikan Agama Islam yang bisa diterima secara bersama oleh peserta didik? Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Inklusif SD Negeri 067952 Medan Johor dan SD Negeri 064999 Medan Marelan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif fenomenologi dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek penting dalam Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan difokuskan pada pembentukan karakter religius yang berorientasi pada ibadah dan keimanan (Ilahiyah) serta pembinaan akhlak (Insaniyah) melalui rancangan RPP. Pelaksanaan terfokus pada proses internalisasi nilai-nilai ajaran Islam ke dalam diri anak melalui tahapan pembiasaan, keteladanan, dan pendampingan penuh agar kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor anak tunagrahita berkembang lebih baik. Evaluasi dilaksanakan dengan pemberian soal latihan yang lebih disederhanakan dalam bentuk lisan dan praktik, selanjutnya untuk penambahan nilai, guru berkolaborasi dengan orangtua dengan memberikan format tugas keseharian anak didik tunagrahita dalam menjalankan empat aspek yang akan dicapai dalam pembelajaran Agama Islam yakni Alquran (membaca ayat-ayat pendek populer), Ibadah (Praktik sholat dan berdoa), Akhlak (perbuatan terpuji yang dilakukan), Fikih (tata cara bersuci)

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Tunagrahita, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Nov 2021 05:12
Last Modified: 01 Nov 2021 05:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12377

Actions (login required)

View Item View Item