Analisis Efektivitas Sistem Pembayaran Penagihan Pasien Menggunakan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) (Studi Kasus Rumah Sakit Permata Madina Kab. Mandailing Natal)

Safii, Muhammad (2021) Analisis Efektivitas Sistem Pembayaran Penagihan Pasien Menggunakan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) (Studi Kasus Rumah Sakit Permata Madina Kab. Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fix Muhammad Safii.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

RSU. Permata Madina Kab. Mandailing Natal rumah sakit swasta tipe D dan rumah sakit umum dengan pelayanan kesehatan mulai dari yang bersifat umum sampai dengan yang bersifat spesialistik, yang dilengkapi dengan pelayanan penunjang medis 24 jam. Efektivitas merupakan tercapainya atau berhasilnya suatu sasaran atau tujuan yang telah ditentukan suatu perusahaan dengan menjalankan pekerjaan yang benar dari sebelumnya yang merupakan sebuah pengukuran dimana suatu target dan sasaran telah tercapai dan ditetapkan sesuai dengan apa yang direncanakan dalam suatu perusahaan secara tepat. Sistem informasi rumah sakit suatu tatanan yang berurusan dengan pengumpulan data, pengelolaan data, penyajian informasi, analisis dan penyimpulan informasi serta penyampaian informasi yang dibutuhkan untuk kegiatan rumah sakit. Sistem ini dibuat ditujukan khususnya bagian penagihan pasien di RSU. Permata Madina Kab. Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana sistem pembayaran penagihan pasien menggunakan sistem informasi rumah sakit (SIRS) di RSU. Permata Madina Kab. Mandailing Natal dan apakah yang menjadi hambatan pada sistem pembayaran penagihan pasien menggunakan sistem informasi rumah sakit (SIRS) di RSU. Permata Madina Kab. Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode analisis data berupa pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek dalam penelitian ini adalah RSU. Permata Madina Kab. Mandailing Natal. Sedangkan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembayaran penagihan pasien menggunakan sistem informasi rumah sakit sudah baik. Namun masih ada hambatan-hambatan di dalam sistemnya yaitu masih ada beberapa item pengobatan ada yang belum terinput saat pasien akan keluar dari rumah sakit dan dan antrian pasien rawat jalan dan rawat inap karena di RSU. Permata Madina Kab. Mandailing Natal mempunyai satu petugas dibagian kasir. Sistem ini dibuat menggunakan sofware sendiri dari aplikasi desktop menggunakan Visual Basic dan MySQL. Aplikasi ini akan dijalankan secara online untuk setiap bagian dalam rumah sakit dan terkoneksi dalam jaringan LAN (Local Area Network), sehingga aplikasi ini dapatmemonitoring semua proses yang ada secara utuh dan sudah terintegrasi antar unit untuk membantu rumah sakit dalam melakukan administrasi tagihan dan pembayaran tagihan pasien yang lebih efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Sistem Pembayaran Penagihan Pasien, Sistem Informasi Rumah Sakit
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Oct 2021 05:09
Last Modified: 19 Oct 2021 05:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12349

Actions (login required)

View Item View Item