Analisis Penentuan Kelayakan Agunan Dalam Pemberian Pembiayaan Usaha Mikro Di PT BPRS Al Washliyah Medan Periode 2016 -2018

Andre, Muhammad (2020) Analisis Penentuan Kelayakan Agunan Dalam Pemberian Pembiayaan Usaha Mikro Di PT BPRS Al Washliyah Medan Periode 2016 -2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Muhammad Andre.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui penentuan kelayakan sebuah agunan dalam pemberian pembiayaan Usaha Mikro di BPRS Al Washliyah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana Penentuan Kelayakan Agunan Dalam Pemberian Pembiayaan Usaha Mikro di PT BPRS Al Washliyah Medan dengan data Penolakan Pembiayaan Usaha Mikro Dikarenakan Agunan Periode 2016 – 2018 terjadi peningkatan yang signifikan, hal itu tidak sesuai dengan tujuan awal dibentuknya PT BPRS Al Washliyah Medan yang bertujuan untuk memajukan usaha Mikro agar semakin berkembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah PT BPRS Al Washliyah Medan. Subjek penelitian ini adalah Bagian Appraisal dan Bagian Pembiayaan PT BPRS Al Washliyah Medan.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data primer dan data sekunder pengumpulan data primer diperoleh peneliti dengan cara melakukan wawancara kepada bagian appraisal dan bagian pembiayaan PT BPRS Al Washliyah sedangkan data sekunder diperoleh peneliti melalui sumber sumber tertulis seperti buku dan dokumen. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Cara yang dilakukan PT BPRS Al Washliyah Medan dalam menentukan kelayakan agunan dalam pemberian agunan adalah penilaian dari aspek ekonomis yaitu penilaian terhadap benda bergerak dilihat dari kondisi agunan dan tahun produksi agunan penilaian terhadap benda tidak bergerak dilihat dari kondisi agunan, lokasi agunan, akses jalan agunan, kondisi tanah agunan sedangkan aspek yuridis dilihat dari kelengkapan dan kesesuaian dokumen dokumen kepemilikan agunan , agunan yang jelas keberadaannya serta agunan yang memiliki pasar yang cukup luas apabila agunan tersebut akan dilelang dikarenakan nasabah tidak mampu memenuhi kewajibannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Agunan, Standar Kelayakan, Pembiayaan Usaha Mikro
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.22 Pinjam meminjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:42
Last Modified: 19 Oct 2021 04:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12348

Actions (login required)

View Item View Item