Implementasi Program Literasi Alquran Di Sekolah Dasar Swasta Islam Al-Amjad Kota Medan

Ariefky, Hafiz (2020) Implementasi Program Literasi Alquran Di Sekolah Dasar Swasta Islam Al-Amjad Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS HAFIZ ARIEFKY PASCASARJANA UINSU.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui implementasi program literasi Alquran di Sekolah Dasar Swasta Islam Al-Amjad Kota Medan, 2) mengetahui kendala dalam mengimplementasikan program literasi Alquran di Sekolah Dasar Swasta Al-Amjad Kota Medan, dan 3) mengetahui upaya yang dilakukan oleh pengelola dalam mengatasi kendala pada implementasi program literasi Alquran di Sekolah Dasar Swasta Islam Al-Amjad Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu menggambarkan objek penelitian apa adanya, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi program literasi Alquran di Sekolah Dasar Swasta Islam Al-Amjad Kota Medan dalam pelaksanaannya meliputi pertama, didasari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2015 yang kemudian dikembangkan dengan visi dan misi sekolah yang mengedepankan nilai-nilai keIslaman serta anjuran membaca dalam perintah Alquran. Kedua, bentuk pelaksanaan implementasi program literasi Alquran dengan cara sistematis serta melalui tahapan level serta dilaksanakan dengan menggunakan metode wafa dan dengan proses evaluasi terhadap siswa. (2) Kendala yang dihadapi dalam implementasi program literasi Alquran terbagi kepada tiga faktor kendala yakni: Pertama, kualitas guru yang masih banyak berada di level rendah dalam pelaksanaan literasi Alquran, Kedua,siswa yang tidak disiplin dalam mengikuti literasi Alquran serta beberapa siswa yang tidak didukung oleh orang tua, Ketiga, pelaksanaan literasi Alquran dengan waktu yang terbatas sehingga proses kegiatan berlangsung singkat, (3) Upaya yang dilakukan oleh pengelola dalam mengatasi kendala pada implementasi program literasi Alquran, Pertama, melakukan kegiatan pelatihan guna menaikkan kualitas kemampuan guru. Kedua, melakuakan kerjasama dengan orang tua siswa sehingga aktifikas literasi Alquran siswa dapat berjalan maksimal. Ketiga, menambah durasi waktu pelaksanaan dengan hari yang ditentukan dengan harapan pelaksanaan literasi Alquran dapat berjalan maksimal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program,Literasi,Alquran.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:18
Last Modified: 19 Oct 2021 04:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

View Item View Item