Yusuf, Muhamad (2020) Pola Pembinaan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Dalam Keluarga. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Muhamad Yusuf Disertasi.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari suatu pemahaman bahwa pendidikan keluarga adalah dasar bagi pendidikan anak. Orang tua berkewajiban memberikan contoh teladan kepada anak. Orang tua mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat berat terhadap pertumbuhan, perkembangan dan juga pendidikan anak. Penanaman nilai-nilai akidah, ibadah dan akhlak bagi setiap anak, merupakan kebutuhan dasar dan memiliki peranan penting dalam mencapai kehidupan yang baik Keteladanan dalam pendidikan Islam adalah pola pembinaan nilai-nilai pendidikan Islam (akidah, ibadah dan akhlak) melalui keteladanan yang dicontohkan pendidik kepada anak, sehingga anak memiliki kepribadian Islami. Kebiasaan dipahami sebagai „adat yaitu amalan yang sering dilaksanakan dan berkelanjutan Suruhan dan larangan dalam lingkungan keluarga, merupakan pola pembinaan nilai-nilai pendidikan Islam (akidah, ibadah dan akhlak) yang dapat membantu anak menyadari hak dan kewajibannya sebagai hamba Allah swt. untuk mengabdikan diri secara totalitas (jasmani dan ruhani). Hadiah dalam pendidikan Islam adalah suatu pemberian kepada anak karena telah melakukan kebaikan dan juga merupakan pembinaan yang dipandang sebagai proses sosial, sehingga dapat menjadikan anak memiliki sikap dermawan, sesuai dengan nilai-nilai Islam. Hadiah bila diterapkan dalam pendidikan tentunya akan memiliki kesan positif, yaitu sebagai motivasi bagi anak. Hukuman dalam pendidikan adalah sanksi yang diberikan pendidik kepada anak yang berbuat pelanggaran terhadap aturan ataupun instruksi dari pendidik. Beberapa tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini antara lain adalah Mengekplorasi keteladanan dan pembiasaan ,menganalisis suruhan dan larangan ,mendeskripsikan pemberian hadiah dan hukuman orang tua pada anak dalam pembinaan nilai-nilai akidah, ibadah dan akhlak di lingkungan keluarga. Metode Penelitian, kajian ini difokuskan pada teks-teks suci (nas) yang menunjukkan makna keteladanan, suruhan, larangan, hadiah dan hukuman sebagai pola pendidikan orang tua dalam keluarga serta didukung oleh khazanah pemikiran tokoh pendidikan Islam klasik dan kontemporer yang bernuansa pembinaan nilai-nilai pendidikan Islam (akidah, ibadah dan akhlak) pada anak di lingkungan keluarga. Karena itu penelitian ini merupakan penelitian literatur.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Pembinaan, Pendidikan Islam, Anak, Keluarga. |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 03:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:38 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12343 |
Actions (login required)
View Item |