Efektifitas Mediasi Non Litigasi Dalam Menyelesaikan Kasus Perceraian Pada Keluarga Jamaah Tabligh Kabupaten Deli Serdang

Fadhil, Muhammad (2020) Efektifitas Mediasi Non Litigasi Dalam Menyelesaikan Kasus Perceraian Pada Keluarga Jamaah Tabligh Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Repository Tesis Muhammad Fadhil (FSH).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengadilan Agama sebagai salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman, memiliki kewenangan yang disebut dengan kewenangan absolut untuk menyelesaikan sengketa keluarga muslim. Penyelesaian sengketa melalui proses peradilan disebut dengan litigasi. Menariknya pada Jamaah Tabligh Kabupaten Deli Serdang, dalam penyelesaian sengketa keluarga tidak melalui cara litigasi sebagai prosedur penyelesaian sengketa, akan tetapi melalui cara mediasi yang dalam istilah fikih disebut dengan ṣulḥ.Dalam perkembangannya, mediasi sudah menjadi bagian dalam hukum acara perdata sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan.Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana pelaksanaan mediasi non litigasi sebagai penyelesaian sengketa keluarga pada Jamaah Tabligh Kabupaten Deli Serdang dan bagaimana efektifitas mediasi non litigasi dalam menyelesaikan sengketa keluarga pada Jamaah Tabligh Kabupaten Deli Serdang.Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen.Teori yang menjadi pisau analisis dalam penelitian ini adalah teori ṣulḥ,dan teori efektifitas menurut KBBI. Penelitian ini menemukan bahwa: Pertama, mediasi sebagai penyelesaian sengketa keluarga Jamaah Tabligh Kabupaten Deli Serdang bertujuan untuk membentuk keluarga yang bahagia dan kekal, dan untuk meluruskan kesalahpahaman terhadap program kerja Jamaah Tabligh yang menjadi sebab timbulnya kasus perceraian. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa tahapan dalam mediasi non litigasi Jamaah Tabligh Kabupaten Deli Serdangyaitu, pengumpulan data dan ta’aruf wa ta’alub (perkenalan dan pendekatan) dengan para pihak, tahap sidang mediasi, dan tahap penyelesaian mediasi. Kedua, berdasarkan analisis dari data-data yang telah dikumpulkan, ditemukan bahwa mediasi non litigasi dalam menyelesaikan kasus perceraian pada keluarga Jamaah Tabligh Kabupaten Deli Serdang berjalan efektif, karena out put (hasil) sudah mencapai tujuan dilaksanakannya mediasi. Namun, menurut Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi Di Pengadilan, mediasi non litigasi pada Jamaah Tabligh Kabupaten Deli Serdang bukan termasuk bagian dari prosedur mediasi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Oleh karena itu, hasil kesepakatan mediasi tersebut tidak berhak memiliki sertifikat hasil mediasi dan tidak memiliki kekuatan hukum.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:22
Last Modified: 14 Oct 2021 07:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12315

Actions (login required)

View Item View Item