Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma Dengan Strategi Pengulangan Di Kelas Viii-1 Madrasah Tsanawiyah Swasta Amal Shaleh Medan

Hasan, Muhammad (2012) Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Menghafal Juz ‘Amma Dengan Strategi Pengulangan Di Kelas Viii-1 Madrasah Tsanawiyah Swasta Amal Shaleh Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
tesis Muhammad Hasan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan meningkatkan motivasi dan kemampuan menghafal Juz‘Amma dalam materi surah al-Infiţār dan an-Nabā’, dengan hasil: (1) mengetahui motivasi siswa pratindakan pembelajaran strategi pengulangan (2) mengetahui kemampuan menghafal siswa pratindakan pembelajaran strategi pengulangan (3) mengetahui pelaksanaan strategi pengulangan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menghafal siswa (4) mengetahui motivasi siswa setelah dilakukan tindakan pembelajaran strategi pengulangan (5) mengetahui kemampuan menghafal siswa setelah dilakukan tindakan pembelajaran strategi pengulangan (6) mengetahui peningkatan motivasi dan kemampuan menghafal siswa. Pelaksanaan penelitian dimulai sejak tanggal 9 Januari 2012 sampai 22 Maret 2012. Sebagai tempat penelitian adalah MTs Swasta Amal Shaleh Medan. Subjek penelitian berjumlah 28 orang siswa kelas VIII-1. Jumlah tindakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 26 kali pertemuan. Dalam satu siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai alat pengumpul data, tes, angket, dan observasi. Metode pengumpulan data melalui tes dan angket yang terdiri dari beberapa pertanyaan dalam mengobservasi terhadap teknik pengulangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menemukan: (1) tahap sebelum tindakan jumlah siswa termotivasi sebanyak 9 orang (32,14%); (2) tahap sebelum tindakan jumlah siswa tuntas sebanyak 8 orang (28,6%); (3) Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari dua siklus dengan strategi pengulangan pada materi surah yang terdapat dalam Juz‘Amma sudah terlaksana dengan baik dengan motivasi dan kemampuan menghafal surah meningkat dan mencapai kriteria ketuntasan minimal. (4) setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I jumlah siswa termotivasi sebanyak 20 orang (71,43%), dilanjutkan pada siklus II jumlah siswa termotivasi sebanyak 28 orang (100%); (5) setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I jumlah siswa tuntas sebanyak 21 orang (75%), dilanjutkan pada siklus II jumlah siswa tuntas menjadi 28 orang(100%); (6) peningkatan motivasi dapat dilihat dari selisih jumlah siswa yang termotivasi antara pratindakan dengan setelah dilakukan tindakan siklus I sebanyak 11 orang (39,28%), kemudian selisih jumlah siswa yang termotivasi antara siklus II dengan I, berjumlah 8 orang (28,57%), jadi total peningkatan motivasi berjumlah 67,85%. PERSETUJ

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 02 Feb 2017 02:46
Last Modified: 02 Feb 2017 02:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item