Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) Dalam Penyusunan Laporan Keuangan (Studi Kasus: Koperasi Unit Desa (KUD) Tunas Muda Desa Teluk Merbau Kab. Siak)

Lestari, Sri (2021) Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) Dalam Penyusunan Laporan Keuangan (Studi Kasus: Koperasi Unit Desa (KUD) Tunas Muda Desa Teluk Merbau Kab. Siak). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SRI LESTARI 0502172369 SKRIPSI FINAL 2-dikompresi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada Koperasi Unit Desa Tunas Muda Kecamatan Dayun. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan SAK ETAP pada penyajian laporan keuangan Koperasi Unit Desa Tunas Muda Kecamatan Dayun yang terdiri dari laporan neraca, laporan sisa hasil usaha, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan bank, dan catatan atas laporan keuangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan studi dokumentasi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik dokumentasi pada laporan keuangan Koperasi Unit Desa Tunas Muda Kecamatan Dayun untuk mengetahui bagaimana sistematika penyajian elemen-elemen laporan keuangan tersebut, apakah sudah sesuai dengan SAK ETAP. Metode wawancara digunakan untuk memperkuat dan memperdalam kajian terhadap objek yang diteliti. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini diawali dengan analisis komparatif terhadap subjek penelitian dengan konsep pembanding dalam hal sistematika penyajian laporan keuangan. Selanjutnya dilakukan penyesuaian dan pembandingan dua unsur, yakni Laporan Keuangan Koperasi Unit Desa Tunas Muda tahun 2019, dan SAK ETAP tentang standar penyajian laporan keuangan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Laporan Keuangan Koperasi unit Desa Tunas Muda belum sepenuhnya menerapkan SAK ETAP. Dari 13 point yang ada. KUD Tunas Muda hanya menerapkan 8 Point yang sesuai standar SAK ETAP diantaranya ialah : kas dan setara kas, aset tetap, hutang usaha, simpanan pokok, simpanan wajib, donasi, SHU, dan laporan arus kas. Hal ini terlihat bahwa KUD Tunas Muda menerapkan SAK ETAP sebesar 61% dari keseluruhan point penerapan yang ada pada SAK ETAP.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Sep 2021 08:44
Last Modified: 08 Sep 2021 08:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12263

Actions (login required)

View Item View Item