Pengaruh Pengalaman Praktik Magang di Industri Perbankan Syariah Terhadap Kesiapan Mahasiswa FEBI UINSU Angkatan 2016 Dalam Bekerja di Bank Syariah

Amelia, Dea Rizky (2021) Pengaruh Pengalaman Praktik Magang di Industri Perbankan Syariah Terhadap Kesiapan Mahasiswa FEBI UINSU Angkatan 2016 Dalam Bekerja di Bank Syariah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
(SKRIPSI) DEA RIZKY AMELIA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh singkatnya durasi magang yang telah dilakukan mahasiswa FEBI UINSU, sehingga mahasiswa merasa belum cukup untuk mendapatkan ilmu, pengalaman serta hal-hal yang berkaitan dengan perbankan syariah secara langsung. Karena pengalaman bekerja secara langsung merupakan salah satu hal yang menjadi pendukung bagi mahasiswa untuk siap bekerja setelah lulus kuliah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengalaman praktik magang di industri perbankan syariah berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa FEBI UINSU dalam bekerja di bank syariah. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa angket yang disebarkan kepada 70 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana menggunakan SPSS versi 15. Kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan yang diajukan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pengalaman praktik magang mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap kesiapan mahasiswa FEBI UINSU angkatan 2016 dalam bekerja di bank syariah. Hal ini didapatkan berdasarkan perbandingan nilai thitung > ttabel sebesar 2,150 > 1,667 dan nilai signifikansi sebesar 0,035 < α = 0,05 artinya pengalaman praktik magang di industri perbankan syariah dapat meningkatkan kesiapan mahasiswa FEBI UINSU angkatan 2016 khususnya mahasiswa jurusan perbankan syariah dalam bekerja di bank syariah dengan koefisien determinasi sebesar 64 %. Namun untuk indikator durasi pelaksanaan magang khususnya untuk pernyataan pertama yang berisi “Satu bulan merupakan waktu yang ideal dalam pelaksanaan praktik magang”, menunjukkan bahwa dari 70 responden, jawaban mayoritas responden yang berjumlah 25 orang (35,7%) menyatakan tidak setuju bahwa satu bulan adalah waktu yang ideal dalam pelaksanaan praktik magang. Artinya, waktu yang diberikan oleh pihak fakultas untuk kegiatan magang belum cukup atau masih kurang bagi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman bekerja secara langsung di bank syariah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Praktik Magang, Kesiapan Kerja
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Sep 2021 08:44
Last Modified: 08 Sep 2021 08:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12262

Actions (login required)

View Item View Item