Ichsan, Muhammad (2021) Analisis Miskonsepsi Buku Teks Biologi Kurikulum 2013 pada Kelas XI di SMA Swasta Kabupaten Labuhanbata Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi_muhammadichsancetak.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui jenis miskonsepsi yang terdapat pada buku teks biologi kurikulum 2013 kelas XI di SMA Swasta Kabupaten Labuhabatu Utara pada Konsep Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan (2) Untuk mengetahui persentase miskonsepsi pada setiap buku teks biologi kurikulum 2013 kelas XI di SMA Swasta Kabupaten Labuhabatu Utara pada Konsep Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Metode yang digunkan penulis adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan analisis konten. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis konsep-konsep yang disajikan dalam buku teks biologi kelas XI apakah terjadi miskonsepsi. Konsep-konsep dalam buku ajaran dianalisis menggunakan lima kategori yaitu: Misidentifications, Oversimplifications, Overgeneralizalizations, Undergeneralizations dan Obsolete Concept and terms. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, miskonsepsi yang terdapat pada buku teks biologi kurikulum 2013 pada materi struktur dan fungsi pada tumbuhan ada dikategori misidentifications, overgeneralization, oversimplications, dan undergenerlizations. Penelitian ini menunjukkan bahwasanya data dari penelitian menunjukkan bahwa buku A dan C merupakan buku dengan yang memiliki miskonsepsi jenis Misidentifications. Buku A memiliki 3 misidentifications dengan persentase yaitu 0,44% sedangkan buku C memiliki 2 buah dengan persentasenya 0,53%. Sedangkan dalam tabel overgeneralization menunjukkan bahwasanya Data dari penelitian menunjukkan bahwa semua buku memiliki miskonsepsi jenis overgeneralization. Buku A memiliki 1 overgeneralization dengan persentase yaitu 0,14% sedangkan buku B memiliki 3 buah dengan persentasenya 0,48%, serta buku C memiliki 1 buah dengan persentasenya 0,26%. Sedangkan dari penelitian kategori oversimplications menunjukkan bahwasanya data dari penelitian menunjukkan bahwa buku A dan B merupakan buku dengan yang memiliki miskonsepsi jenis oversimplications. Buku A memiliki 3 oversimplications dengan persentase yaitu 0,44% sedangkan buku B memiliki 3 buah dengan persentasenya 0,48%. Dan sedangkan dari tabel undergenerlizations menunjukkan bahwa penelitian menunjukkan bahwa buku B dan C merupakan buku dengan yang memiliki miskonsepsi jenis undergenerlizations Buku B memiliki 1 undergenerlizations dengan persentase yaitu 0,16% sedangkan buku C memiliki 2 buah dengan persentasenya 0,80%..
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Buku Teks Biologi, Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 08:39 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 08:39 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12260 |
Actions (login required)
View Item |