Pola Asuh Orang Tua Pengrajin Batu Bata Dalam Membina Pendidikan Agama Islam Pada Anak di Desa Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai

Sintiya, Sindy (2021) Pola Asuh Orang Tua Pengrajin Batu Bata Dalam Membina Pendidikan Agama Islam Pada Anak di Desa Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sindy Sintiya SINDY ( PAI FITK UINSU0.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Pola asuh orang tua pengrajin batu bata dalam membina pendidikan agama Islam pada anak di Desa Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai; (2) Faktor- faktor penghambat pola asuh orang tua pengrajin batu bata dalam membina pen- didikan agama Islam pada anak di Desa Karang Anyar Kecamatan Pegajahan Ka- bupaten Serdang Bedagai. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pen- dekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu ob- servasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini (1) meninjau semua data yang telah dikumpulkan yang berkaitan dengan topik; (2) mencermati makna-makna yang berulang yang bisa dijadikan sebagai tema atau pola-pola utama; (3) berfokus kembali pada topik studi untuk analisis data tertentu. Kemudian teknik penjaminan keabsahan data dlaam penelitian ini dengan uji kredibilitas data, transferabilitas (keteralihan), dependebilitas (ketergantungan), konfirmabilitas (kepastian). Hasil penelitian ini memenjukkan bahwa: (1) Pola asuh orangtua di Desa Ka- rang Anyar Kecamatan Pegajahan masih belum berjalan dengan baik; (2) Faktor peng- hambat pola asuh dalam membina pendidikan agama Islam pada anak, yaitu kurangnya waktu yang diberikan oleh orang tua, sehingga mengakibatkan pengawasan minim, kurangnya terjalin kerjasama dengan lingkungan dalam mendukung pola asuh; ku- rang optimalnya penerapan pola asuh orang tua terhadap anak melalui metode mas- ing-masing, orang tua kurang memahami mengenai pendidikan agama, kurangnya membiasakan anak dalam memberikan pendidikan agama anak, sehingga anak ma- las dan merasa ringan untuk tidak terbiasa sholat dan perilaku baik seperti: berkata baik, patuh dengan orang tua, berpamitan ketika pergi keluar rumah dan lain- lainnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua Pengrajin Batu Bata, Pendidikan Agama Anak
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Sep 2021 08:17
Last Modified: 08 Sep 2021 08:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12254

Actions (login required)

View Item View Item