Akuntabilitas Pada Pengelolaan Keuangan Masjid Melalui Pendekatan Fenomenologi (Studi Empiris Pada Masjid Agung Bakrie Kisaran)

Nuramalina, Nuramalina (2021) Akuntabilitas Pada Pengelolaan Keuangan Masjid Melalui Pendekatan Fenomenologi (Studi Empiris Pada Masjid Agung Bakrie Kisaran). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURAMALINA LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana akuntabilitas pada pengelolaan keuangan yang diterapkan di masjid besar yang ada di kota Kisaran yaitu Masjid Agung Bakrie Kisaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatakan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan juga dokumen dengan melihat langsung laporan keuangan yang disajikan oleh pengurus masjid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan pada Masjid Agung Bakrie masih belum sesuai dengan metode pencatatan yang sesuai dengan ISAK 35, dan model pencatatan yang mereka gunakan masih model sederhana yaitu pencatatan pemasukan dan pengeluaran yang disajikan per satu jumat, dengan metode manual. Proses pertanggungjawaban yang dalam hal ini adalah proses pengungkapan kepada para jamaah masih belum maksimal perinciannya, hanya menyampaikan jumlah pemasukan dan pengeluaran tanpa perincian yang jelas. Meskipun begitu para pihak masjid sudah berusaha untuk melakukan pengungkapan sebaik mungkin. Hal ini dikarenakan pihak pengurus masjid belum mengetahui sistem pencatatan keuangan berdasarkan ISAK 35.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Sep 2021 07:21
Last Modified: 08 Sep 2021 07:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12247

Actions (login required)

View Item View Item