Perlindungan Hukum Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Dimasa Pandemi Covid-19 Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif (Studi Dinas Sosial Kota Medan)

Siregar, Aula Mashuri (2021) Perlindungan Hukum Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Dimasa Pandemi Covid-19 Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif (Studi Dinas Sosial Kota Medan). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Tesis AULA .pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus sering dilupakan dalam perkembangan hukum dan juga partisipasi dalam pembangunan hukum, sehingga menjadi rentan aksesnya terhadap keadilan. Anak berkebutuhan khusus harus memperoleh hak yang sama dengan yang lain tanpa terkecuali. Hal ini untuk memberikan rasa adil kepada mereka bahwa anak berkebutuhan khusus berhak untuk memperoleh perlindungan di negara ini. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan (field research), dan merupakan jenis penelitian kualitatif, penelitian ini disebut penelitian kualitatif apabila jenis dan data analisis data yang digunakan bersifat naratif, dalam bentuk pernyataan-pernyataan yang menggunakan penalaran. Kemudian penelitina ini juga menggunakan pendekatan sosiologis empiris, yaitu peneitian non doctrinal yang bertitik tolak pada data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek penelitian, seperti masyarakat sebagai sumber pertama dalam sebuah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perlindungan hukum yang diterima oleh anak-anak berkebutuhan khusus di Kota medan khususnya berkenaan dengan pendidikan, rehabilitas, serta bantuan sosial masih belum tersentuh walaupun provinsi Sumatera Utara telah menerapkan peraturan daerah yang menyatakan tentang pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas termasuk anak-anak, hal ini belum sepenuhnya dapat di laksanakan karena sarana dan prasarana yang belum terpenuhi di kota medan sehingga pemenuhan hak-hak tersebut menjadi terhambat.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Dinas Sosial, Pandemi Covid-19
Subjects: 2X4 FIQH
2X4 FIQH > 2X4.5 Hukum Pidana/Jinayat > 2X4.58 Perbandingan hukum pidana Islam dengan hukum peradilan lain
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Hukum Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:58
Last Modified: 08 Sep 2021 03:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12242

Actions (login required)

View Item View Item