Pengaruh Parental Mediation Pada Program Televisi Terhadap Persepsi Realitas Dan Perilaku Agresif Anak (Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Se Kota Pekanbaru)

Nurjanah, Nurjanah (2016) Pengaruh Parental Mediation Pada Program Televisi Terhadap Persepsi Realitas Dan Perilaku Agresif Anak (Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Se Kota Pekanbaru). Doctoral thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
1. Disertase Nurjanah.pdf1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Televisi sebagai salah satu faktor lingkungan sangat berperan dalam pembentukan keperibadian anak. Proses terbentuknya suatu keperibadian bisa dilihat dari proses pembiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang. Apabila dalam siaran televisi ditayangkan berita kekerasan secara berulang-ulang, tingkah laku tersebut pelan dan pasti bisa menjadi bagian dari perilaku anak. Anak sebagai individu yang rentan terhadap dampak negatif televisi seharusnya mendapat perhatian ketika menonton televisi. Orang tua memiliki peran penting dalam memediasi antara anak dan televisi, karena mediasi orang tua merupakan tindakan nyata dalam membatasi efek media massa khususnya televisi. Penelitian bertujuan mengkaji dan memahami kondisi parental mediation (mediasi restriktif, mediasi instruktif, dan mediasi co-viewing) serta kondisi persepsi realitas dan perilaku agresif anak, mengkaji pengaruh setiap dimensi dari parental mediation (mediasi restriktif, mediasi instruktif, dan mediasi co-viewing) terhadap persepsi realitas dan perilaku agresif anak, mengkaji pengaruh persepsi realitas terhadap perilaku agresif anak, mengkaji peran dari persepsi realitas dalam memperantarai hubungan tidak langsung antara dimensi parental mediation (mediasi restriktif, mediasi instruktif, dan mediasi co-viewing) dengan perilaku agresif anak pada SMPIT di Kota Pekanbaru. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah dinilai layak melalui tahapan pretest. Kuesioner kembali dan dinyatakan lengkap dari 280 responden, yang terpilih secara proportional random sampling. Alat analisis utama menggunakan Partial Least Square, yang tidak memerlukan berbagai pemenuhan asumsi data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa sudah tinggi parental mediation yang sejalan dengan kondisi ketiga dimensinya, serta dengan persepsi realitas yang rendah dan perilaku agresif yang sangat rendah. Parental mediation memiliki kemampuan antara moderat dan baik dalam menjelaskan kondisi persepsi realitas, terutama karena pengaruh signifikan dari mediasi instruktif. Parental mediation bersama dengan persepsi realitas, hanya memiliki kemampuan yang lemah dalam menjelaskan kondisi perilaku agresif, karena tidak ada satupun dari dimensi parental mediation serta persepsi realitas yang signifikan pengaruhnya. Tetapi dimensi mediasi co-viewing menunjukkan pengaruh yang lebih baik dibanding lainnya. Persepsi realitas berperan menghasilkan amplifying effect hanya pada hubungan antara mediasi instruktif dan co-viewing masing- masing dengan perilaku agresif. Mediasi co-viewing mengindikasikan sebagai sumber utama membangun kekuatan parental mediation. Penting bagi anak-anak untuk memiliki karakter favorit yang akan membantu anak dalam membangun persepsi realitas maupun pengendalian perilaku agresif.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 01 Feb 2017 08:47
Last Modified: 01 Feb 2017 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1224

Actions (login required)

View Item View Item