Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Profetik Pada Siswa Kelas X Di MAS Sinar Islami Bingai Kabupaten Langkat

Siregar, Rahmad Anwi (2021) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Profetik Pada Siswa Kelas X Di MAS Sinar Islami Bingai Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Rahmad Anwi Siregar (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi bertujuan untuk mengkaji tentang Pertama; Nilai-Nilai Profetik Yang Ditanamkan Oleh Guru Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas X MAS Sinar Islami Bingai Kabupaten Langkat, Kedua; Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Profetik Pada Siswa Kelas X MAS Sinar Islami Bingai Kabupaten Langkat Ketiga; Faktor Pendukung Dan Penghambat Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Profetik Pada Siswa Kelas X MAS Sinar Islami Bingai Kabupaten Langkat. Penelitian ini secara umum menemukan bahwa Nilai-nilai profetik yang ditanamkan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas X di MAS Sinar Islami Bingai, pertama meliputi keteladanan saling menghormati satu sama lain, penanaman kedisiplinan waktu, dan motivasi amar ma’ruf nahi munkar. Kedua, meliputi pembiasaan salat tepat waktu, bersalaman saat bertemu guru, dan menanamkan kedisiplinan dengan penegakan aturan dan memberikan punishment jika siswa melanggar aturan. Upaya yang dilakukan ada dua yaitu: Pertama, guru menanamkan nilai-nilai profetik dengan pokok bahasan materi ajar, didukung dengan media pembelajaran, serta penggunaan metode Uswatun Hasanah,. Kedua, pengawasan langsung untuk mengarahkan siswa dalam membentuk kepribadian yang mencerminkan nilai-nilai profetik. Faktor pendukung, Pertama komitmen yang kuat dari seluruh elemen madrasah. Kedua, telah membudaya dan mentradisi. Ketiga, respon positif dari mayoritas siswa. Kemudian ada dua hal yang menjadi faktor penghambat, yaitu Pertama, minoritas siswa di dalam kelas yang usil dan memancing keributan. Kedua, minimnya kemampuan guru dalam melakukan inovasi terhadap metode dan strategi yang digunakan. Penelitian ini menemukan di MAS Sinar Islami Bingai terdapat nilai-nilai profetik yang ditanamkan pada proses belajar mengajarnya, kemudian secara praktik guru sejarah kebudayaan Islam di MAS Sinar Islami Bingai telah melakukan upaya-upaya menanamkan nilai-nilai profetik pada siswa kelas X. Namun secara teknis peneliti masih menemukan beberapa hal yang menjadi kendala dan penghambat guru dalam proses penanaman nilai-nilai profetik pada siswa kelas X. Semoga penelitian ini dapat menambah khazanah keilmuan dan referensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Sejarah Kebudayaan Islam, Nilai-nilai profetik.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Sep 2021 08:00
Last Modified: 08 Sep 2021 08:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12233

Actions (login required)

View Item View Item