Kegiatan Pengembangan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Sekolah Dasar Al-Washliyah 80 Kisaran

Hamdani, Maja (2021) Kegiatan Pengembangan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Sekolah Dasar Al-Washliyah 80 Kisaran. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Maja Hamdani S2 PEDI 2021-converted.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara kritis kegiatan pengembangan ekstrakurikuler keagamaan di SD Al-Washliyah 80 Kisaran yang bertumpu pada (1) model bahan ajarnya, (2) metodenya, (3) faktor pendukung dan penghambat kegiatan pengembangan ekstrakurikuler keagamaan. Penelitian ini tidak hanya mengungkap kegiatan pengembangan ekstrakurikuler kegamaaan sebatas pada bakat, minat, dan hobi peserta didik, tetapi juga penanaman akhlak, kepribadian, dan budi pekerti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tempat dan waktu penelitian bertempat di SD Al-Washliyah 80 Kisaran. Waktu penelitian ini dimulai Bulan Februari 2020 (di awal masa studi) dan berakhir di bulan Agustus 2020. Teknik pengumpul data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Melalui penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Model bahan ajar yang dikembangkan guru dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan menggunakan tiga model bahan ajar, yakni: (a) Model ajar berbasis pada pendekatan sains; (b) Berbasis pada pendekatan tematik terpadu; dan (c) Berbasis pada pendekatan direction learning. (2) Dari aspek metode, ada tiga metode pembelajaran yang dipergunakan, yakni; (a) metode drill; (b) kegiatan mingguan menggunakan metode example non example; (c) kegiatan bulanan, semesteran hingga tahunan menggunakan metode synergetic teaching. (3) Faktor pendukung guru dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di Sekolah Dasar Al-Washliyah 80 Kisaran yaitu; a) Adanya koorporasi antara Kementerian Agama Kabupaten dengan Dinas Pendidikan setempat; b) Adanya dukungannya dari kepala sekolah, guru, masyarakat, dan komite sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah; a) Kurang tersedianya waktu yang maksimal untuk pembelajaran ekstrakurikuler keagamaan, b) Kurang optimalisasinya pengadaan sarana dan prasarana.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:28
Last Modified: 03 Sep 2021 08:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12231

Actions (login required)

View Item View Item