Peran Media Sosial Facebook Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja Di Desa Selamat Kecamatan Sibiru-Biru Kabupaten Deli Serdang

Mulianda, Aura Hasti (2021) Peran Media Sosial Facebook Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja Di Desa Selamat Kecamatan Sibiru-Biru Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AURA HASTI MULIANDA - 0105172086 (PDF).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran media sosial facebook dalam pembentukan kepribadian remaja di Desa Selamat, Kecamatan Sibiru-Biru Kabupaten Deli Serdang yang dilihat dari enam kriteria kepribadian menurut Allport yaitu perluasan perasaan diri, hubungan yang hangat dengan orang lain, keamanan emosional atau penerimaan diri, persepsi realistis mengenai lingkungan di sekitarnya, insight dan humor, dan filosofi kehidupan. Teori yang digunakan untuk mengupas penelitian ini adalah teori terpaan media (media exposure) dan teori kepribadian menurut Eysenck. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah remaja Desa Selamat yang berusia 14-18 tahun. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa facebook sebagai sebuah media sosial memiliki lima peran dalam pembentukan kepribadian remaja. Pertama, facebook berperan sebagai media perluasaan diri dalam kehidupan sosial remaja. Kedua, facebook berperan sebagai media penghibur diri bagi remaja. Ketiga, facebook berperan sebagai media untuk mengungkapkan emosi bagi remaja. Keempat, facebook berperan sebagai media perluasan diri dalam mengembangkan minat pribadi dan minat spiritual. Kelima, facebook berperan sebagai media untuk membentuk citra diri yang berbeda bagi remaja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:28
Last Modified: 03 Sep 2021 07:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12227

Actions (login required)

View Item View Item