Konsekuensi Hukum Terhadap Perkawinan Malangkahi Dalam Perkawinan Adat Mandailing Ditinjau Menurut Hukum Islam Dan Hukum Perkawinan Di Indonesia

Nahari, Lailan (2021) Konsekuensi Hukum Terhadap Perkawinan Malangkahi Dalam Perkawinan Adat Mandailing Ditinjau Menurut Hukum Islam Dan Hukum Perkawinan Di Indonesia. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS oleh Lailan Nahari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui aturan adat perkawinan malangkahi, dampak yang ditimbulkan dari aturan adat perkawinan malangkahi, serta apakah aturan adat Mandailing mengenai perkawinan malangkahi telah sesuai dengan hukum Islam dan hukum perkawinan di Indonesia. Penlitian ini adalah hukum empiris, bersifat deskritif analitis dengan pendekatan sosio legal approach dan statute approach. Sumber datanya yaitu data primer dan skunder, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi serta menganilisis data menggunakan metode kualitatif, dan memvaliditas data akurat menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian yaitu pada dasarnya perkawinan malangkahi tidak menyalahi baik dari segi hukum Islam dan Hukum Perkawinan Islam di Indonesia, akan tetapi pada kasus tertentu seperti perkawinan malangkahi pada masyarakat Kab. Mandailing Natal dimana harus diberikan sanksi sebagai pelangkah kepada kakak atau abang yang dilangkahi dengan nominal yang begitu besar sehingga hal tersebut menyulitkan calon suami, dan memberikan dampak negatif karena ketidaksanggupan dalam memenuhi uang pelangkah tersebut, sehingga banyak terjadi hamil diluar nikah, kawin lari, dan sebagainya. Meskipun ada dampak positif akan tetapi dampak negatifnya lebih besar daripada manfaatnya karena jika praktik perkawinan malangkahi pada adat ini lebih cendurung menyulitkan dan memberikan kemudharatan, praktek inilah yang tidak seusai dengan hukum Islam dan hukum perkawinan Islam di Indonesia. Seyogyanya perkawinan itu harus dimudahkan bukan untuk dipersulit, karena perkawinan sunnah Nabi Saw.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:35
Last Modified: 02 Sep 2021 04:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12216

Actions (login required)

View Item View Item