Peranan Masjid Dalam Pengembangan Akhlak Siswa (Study Kasus SD Negeri 064983 Di Masjid Al-Huda Gaperta Medan)

Hasibuan, Awaluddin Anwar (2018) Peranan Masjid Dalam Pengembangan Akhlak Siswa (Study Kasus SD Negeri 064983 Di Masjid Al-Huda Gaperta Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AWALUDDIN ANWAR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana Peran Masjid Al-Huda dalam Pengembangan Akhlak Siswa SD Negeri 064983 Medan? 2. Apa kendala guru dalam menggunakan Masjid Al-Huda dalam Pengembagan Akhlak Siswa SD Negeri 064983 Medan? 3. Bagaimana evaluasi yang digunakan Guru dalam menggunakan Masjid Al-Huda dalam Pengembagan Akhlak Siswa SD Negeri 064983 Medan?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi dokumen pribadi, catatan, memo dan dokumen resmi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data penyajian data da kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data dilakukan dengan pemeriksaan kepercayaan, pemeriksaan keteralihan dan pemeriksaan ketergantungan. Hasil temuan menunjukkan bahwa (1). Guru menggunakan Masjid AlHuda dalam Pengembangan Akhlak Siswa SD Negeri 064983 Medan dengan menertibkan siswa sebelum shalat mulai, membiasakan siswa kita adzan, sebelum shalat bershalawat dengan bersama-sama, sessudah selesai shalat berdoa berjamaah, setiap selesai shalat guru memberikan tausiah ataupun nasehat kepada anak-anak kita. Setiap pagi guru menganjurkan siswa Shalat Duha di Masjid dengan secara bersama-sama,guru pendamping menyampaikan arahan dan bimbingan di depan bagaimana agar anak-anak mengahargai Masjid dengan tidak mengotorinya dan tidak bermain-main di di dalam Masjid. (2). Kendala guru dalam menggunakan Masjid Al-Huda dalam Pengembagan Akhlak Siswa SD Negeri 064983 Medan adalAH terjadinya kejenuhan pada diri siswa dan sebagian masyarakat kurang setuju bahkan keberatan diadakannya pengembangan akhlak siswa di Masjid. (3). Evaluasi yang digunakan guru dalam menggunakan Masjid Al-Huda dalam Pengembagan Akhlak Siswa SD Negeri 064983 Medan adalah bentuk laporan informasi, bentuk instrumen dan pengamatan walaupun dalam pengevaluasiannya belum sempurna

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Sep 2021 05:06
Last Modified: 01 Sep 2021 05:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item View Item