Pernikahan Dibawah Umur Pada Masyarakat Etnis Jawa di Kecamatan Lingga Bayu Mandailing Natal : studi pemenuhan hak dan kewajiban menurut kompilasi Hukum Islam

Habibi, Aswar (2021) Pernikahan Dibawah Umur Pada Masyarakat Etnis Jawa di Kecamatan Lingga Bayu Mandailing Natal : studi pemenuhan hak dan kewajiban menurut kompilasi Hukum Islam. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
TESIS OLEH ASWAR HABIBI.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis bagaimana kebiasaan pernikahan dibawah umur dikecamatan Lingga bayu Mandailing natal yang selalu menuduh pristiwa pelakutersebut adalah Etnis/suku Jawa dan analisis bagaimana konsep hak dan kewajiban menurut Kompilasi Hukum Islam karena Hak dan Kewajiban merupakan satu tanggung jawab yang harus dipikul oleh pasangan suami istri dalam hal ini dikaitkan terhadap bagaimana konsistensi pelaku pernikahan dibawah umur dalam memenuhi hak dan kewajiban mereka dalam berumah tangga.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Yuridis Normatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami tentang apa yang dilalui oleh subyek penelitian, misalnya prilaku, persepsi dan tindakan. Secara Holistik dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Preposisi normatifnya untuk mengevaluasi beberapa objek dan tindakan yang dilakukan manusia. Subyek penelitiannya merupakan pelaku pernikahan dibawah umur yang bersuku jawa di Kecamatan Lingga Bayu. Tekhnik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Motif yang mempengaruhi pernikahan usia dibawah umur pada Masyarakat Etnis Jawa Di Kecamatan Lingga Bayu Mandailing natal adalah Motif ekonomi dan budaya. Anggapan masyarakat banyak bahwa yang melakukan pernikahan dibawah umur Di Kecamatan Lingga Bayu adalah suku jawa, hasil temuan yang dilakukan peniliti bahwa yang melakukan pernikahan dibawah umur didominasioleh masyarakat suku Jawa.Hak dan Kewajiban dalam KHI disimpulkan bahwa dalam pandangan umum hanya dapat diterima oleh v umat Islam dari mayoritas ahli hukum Islam dan yang berpendidikan, namun tidak dari kalangan masyarakat awam yakni yang melakukan pernikahan dibawah umur. Dalam KHI sangat jelas bahwaHak dan kewajiban suami isteri Kepemimpinan atau kendali rumah tangga ada di tangan suami. Sedangkan isteri wajib patuh kepada suami dalam ajaran dan kendali yang benar.Kata Kunci: Pernikahan Dibawah Umur, Etnis Jawa, Kompilasi Hukum Islam.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:40
Last Modified: 30 Aug 2021 03:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12194

Actions (login required)

View Item View Item