Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al Kaffah Binjai

Asnawati, Asnawati (2021) Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al Kaffah Binjai. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi Asnawati Repository.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Perencanaan peningkatan mutu pembelajaran di SMP IT Al Kaffah Binjai, 2) Pengorganisasian peningkatan mutu pembelajaran di SMP IT Al Kaffah Binjai, 3) Pelaksanaan peningkatan mutu pembelajaran di SMP IT Al Kaffah Binjai dan 4) Pengawasan peningkatan mutu pembelajaran di SMP IT Al Kaffah Binjai. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu 1) Perencanaan peningkatan mutu pembelajaran di SMP IT Al Kaffah Binjai dilakukan setiap akhir tahun, dimulai dengan perencanaan aspek kurikulum, kesiswaan, tenaga pendidik dan kependidikan, serta sarana prasarana yaitu membentuk tim pengembang kurikulum 2013, mengatur waktu kegiatan pembelajaran mengacu pada kalender pendidikan nasional, memastikan guru membuat program pembelajaran dengan adanya tambahan program pembelajaran berupa tahfiz alquran dan mentoring serta kegiatan pembiasaan-pembiasaan Islami. Bidang kesiswaan merencanakan persiapan penerimaan siswa baru beserta perangkatnya, penerimaan siswa pindahan, masa pengenalan lingkungan sekolah, pelayanan bimbingan konseling serta ekstra kurikuler. Perencanaan pada komponen tenaga pendidik dan kependidikan yaitu pemenuhan tenaga pendidik dan kependidikan, pemberdayaan serta pengembangan dengan adanya seminar dan pelatihan. Perencanaan sarana dan prasarana tentang pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan serta pengembangan sarana prasarana. 2) Pengorganisasian peningkatan mutu pembelajaran terorganisir dari mulai pendiri sekolah dilimpahkan kepada pengurus yayasan dalam mengorganisir pengembangan sekolah secara keseluruhan selanjutnya secara praktis dilaksanaakan oleh kepala sekolah dibantu wakil kepala sekolah serta guru-guru dan tata usaha. 3) Pelaksanaanya dengan memperhatikan input dari program sekolah bidang aspek kurikulum, kesiswaan, tenaga pendidik dan kependidikan, serta sarana prasarana. Guru melaksanakan prooses pembelajaran sesuai dengan kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup sesuai dengan perencanaan untuk tercapainya out put sesuai SKL 4) Pengawasan dilakukan oleh pihak yayasan, kepala sekolah bekerja sama dengan pengawas dari dinas pendidikan kota Binjai. Dalam memonitoring guru pada pelaksanaan pembelajaran kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:42
Last Modified: 26 Aug 2021 07:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12174

Actions (login required)

View Item View Item