Efektivitas Algoritma Clarke-Wright Dan Sequential Insertion Dalam Penentuan Rute Pendistribusian Aqua Pada PT. Tirta Investama Medan

Hariati, Ayu (2020) Efektivitas Algoritma Clarke-Wright Dan Sequential Insertion Dalam Penentuan Rute Pendistribusian Aqua Pada PT. Tirta Investama Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi AYU HARIATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam menentukan rute distribusi perlu diketahui urutan pelanggan yang akan dikunjungi. Dalam penelitian ini, data diambil dari rute pendistribusian satu orang driver PT. Tirta Investama Medan di wilayah Medan Kota. Kemudian, data diolah menggunakan Algoritma Clarke Wright dan Sequential Insertion dan dilakukan perbandingan untuk menentukan rute distribusi yang minimum. Dengan adanya kondisi Multiple Trips maka hasil yang diperoleh untuk jarak tempuh optimal perjalanan yang berawal dari PT. Tirta Investama Medan dan berakhir juga ke PT. Tirta Investama Medan dengan Algoritma Clarke Wright adalah pada t = 1 adalah 22 KM dan pada t = t + 1 adalah 15,2 KM. Sedangkan jarak tempuh optimal perjalanan yang berawal dari PT. Tirta Investama Medan dan berakhir juga ke PT. Tirta Investama Medan dengan Sequential Insertion adalah pada t = 1 = 15,05 KM dan pada t = t + 1 adalah 22,9 KM. Pada solusi algoritma ClarkeWright diperoleh total jarak sebesar 37,2 KM. Sedangkan pada solusi Sequential Insertion diperoleh total jarak sebesar 37,95 KM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rute yang dibentuk menggunakan Algoritma Clarke-Wright pada kasus ini lebih efektif dibandingkan rute yang dibentuk menggunakan Sequential Insertion.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:13
Last Modified: 26 Aug 2021 07:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12172

Actions (login required)

View Item View Item