Perlindungan hak anak pada keluarga poligami di kalangan ASN pada masyarakat Kabupaten Asahan (studi analisis undang-undang No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak)

Gunawan, Azwar (2021) Perlindungan hak anak pada keluarga poligami di kalangan ASN pada masyarakat Kabupaten Asahan (studi analisis undang-undang No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Tesis.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengetahui perlindungan hak anak menurut Kompilasi Hukum Islam, perlindungan hak anak pada keluarga poligami di kalangan ASN pada masyarakat Kabupaten Asahan menurut Undang�Undang No 35 Tahun 2014. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, yaitu: penelitian terhadap perlindungan hak anak menurut Kompilasi Hukum Islam, perlindungan hak anak pada keluarga poligami di kalangan ASN pada masyarakat Kabupaten Asahan menurut Undang-Undang No 35 Tahun 2014. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan dan sosiologi hukum. Data-data penelitian tesis ini ialah data-data primer yang diperoleh secara langsung dengan observasi,wawancara dan dokumentasi kepada: Keluarga ASN yang berpoligami, Pegawai Kemenag, Pegawai Perlindungan Anak, Pegawai BKD, Ahli Hukum, dan website sedangkan Data sekunder adalah data yang didapatkan untuk melengkapi sumber data primer seperti. Data sekunder terdiri dari 3 (tiga) jenis bahan hukum, yaitu: Bahan hukum primer, bahan hukum sekunder,dan bahan hukum tersier. Hasil akhir dari penelitian ini adalah pertama, Perlindungan hak anak dalam perspektif Kompilasai Hukum Islam diistilahkan dengan hadhanah yaitu menjaga, mendidik, mengasuh anak. Alquran dan Hadis juga membahas tentang perlindungan hak anak berupa hak sandang, papan dan pangan, pendidikan, pertumbuhan bahkan ketika masih di dalam kandungan. Baik menjaganya, memeriksakan kesehatannya dan mendoakannya berdasarkan adat yang ada dilingkungannya. Kedua, Perlindungan Hak anak pada keluarga poligami di kalanga ASN pada masyarakat Kabupaten Asahan menurut Undang-Undang No. 35 tahun 2014 yaitu Orang tua berkewajiban dan bertanggung jawab untuk: Mengasuh, memelihara, mendidik, dan melindungi anak, Menumbuhkembangkan anak sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya dan mencegah terjadinya perkawinan pada usia anak-anak.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Hukum Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:35
Last Modified: 26 Aug 2021 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12171

Actions (login required)

View Item View Item