Manajemen Pengembangan Karir Pengawas Pendidikan Di Kementerian Agama Kabupaten Asahan

Hasibuan, Hadi Rafitra (2021) Manajemen Pengembangan Karir Pengawas Pendidikan Di Kementerian Agama Kabupaten Asahan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DISERTASI HADI RAFITRA - Repository.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar penelitian ini adalah bahwa mengetahui jabatan karir sebagai layanan jabatan akhir apakah itu mengenai sumber daya manusianya ataukah berdasarkan pada sumber daya alamnya. Melalui manajemen pengembangan jabatan karir tersebut dapat dilihat bahwa jabatan karir di tingkat pengawasan pendidikan merupakan mekanisme untuk naik jabatan berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perencanaan pengembangan karir pengawas pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Asahan (2) Pengorganisasiannya, (3) Pelaksanaannya, (4) Pengawasannya dan (5) Evaluasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tempat dan waktu penelitian bertempat di Kementerian Agama Kabupaten Asahan. Waktu penelitian ini dimulai Bulan September 2019 dan berakhir di bulan Agustus 2020. Teknik pengumpul data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pengembangan karir pengawas pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Asahan dirancang melalui 12 mekanisme perekrutan, 4 kapasitan kompetensi calon pengawas, baik dari calon pengawas pendidikan itu sendiri, kemudian dari pengawas muda ke madya dan pengawas madya ke pengawas utama kemudian berikutnya adalah berdasarkan 3 proses pelantikan pengawas pendidikan di antaranya adalah memiliki sertifikat pendidik, sertifikat pengawas dan sertifikat pelatihan pengawas. 2) Pengorganisasian pengembangan karir pengawas pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Asahan dilaksanakan melalui Pokjawas dengan melibatkan mekanisme di antaranya dengan; a) Melalui proses kompetensi kepribadian, b) Melalui kualifikasi supervisi manajerial, c) Melalui kualifikasi supervisi akademik, d) Melalui penguatan kompetensi, e) Penugasan dalam pembuatan karya ilmiah, dan f) Studi banding. 3) Pelaksanaan pengembangan karir pengawas pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Asahan di atas dilaksanakan juga dalam tiga proses pengorganisasiannya, yakni; a) proses perencanaan, b) hasil perencanaan, dan c) keterlibatan perencanaan. 4) Pengawasannya; a) pengawas tingkat muda, b) pengawasan tingkat madya, dan c) v pengawasan tingkat utama. 5) Evaluasi pengembangannya yakni: a) berdasarkan pada format pelaporan b) berdasarkan pada instrument (assessment), c) berdasarkan pada penilaian kinerja, d) berdasarkan pada penilaian di tingkat utama dan e) berdasarkan pada rubrik kinerja pengawas pendidikan di tingkat muda, madya dan utama. Sedangkan aspek eksternalitasnya terbagi menjadi dua; a) berdasarkan pada penilaian guru kepada pengawas dan b) berdasarkan pada penilaian kepala madrasah kepada pengawas.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Aug 2021 07:39
Last Modified: 24 Aug 2021 07:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12116

Actions (login required)

View Item View Item