Peran Komunitas Peduli Anak (KOPA) Dalam Pemberdayaan Anak Jalanan Di Jalan Syahbandar No.23 Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun

Sihombing, Wita Rahmadani (2020) Peran Komunitas Peduli Anak (KOPA) Dalam Pemberdayaan Anak Jalanan Di Jalan Syahbandar No.23 Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
22011998.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak jalanan merupakan masalah sosial yang sering dihadapi oleh tiap negara di dunia. Anak jalanan terbagi menjadi tiga yaitu: anak-anak yang mempunyai ekonomi sebagai pekerja anak di jalan, namun masih mempunyai hubungan yang kuat dengan orang tua mereka. anak-anak yang berpartisipasi besar di jalanan baik secara sosial maupun ekonomi. Anak-anak yang berasal dari keluarga yang hidup di jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pencapaian tujuan program pembinaan melalui KOPA bagi anak jalanan di kampung aur. Untuk mengetahui program apa saja yang berjalan di KOPA, hambatan-hambatn yang terjadi dalam berjalannya program. Serta dampak apa yang terjadi kepada anak jalanan tersebut setelah kegiatan itu dibuat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan akan disajikan dengan mereduksi data yang tidak diperlukan dalam penelitian. Setelah itu, dilakukan penarikan simpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, masih ada kakurangan dari segi dana maupun sumber daya manusia yang kurang berpasrtisipasi. Tetapi dampak yang terjadi setelah adanya KOPA ini membuat anak-anak jalanan banyak berkarya dan lebih mandiri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 24 Aug 2021 04:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12113

Actions (login required)

View Item View Item