Analisis Pengendalian Biaya Overhead Pabrik Untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi (StudiKasusPada PT. Nexgen Bio Agribisnis)

Ardi, Ibrahim (2019) Analisis Pengendalian Biaya Overhead Pabrik Untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi (StudiKasusPada PT. Nexgen Bio Agribisnis). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lengkap Ibrahim Ardi.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

PT. Nexgen Bio Agribisnis adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri pengolahan pakan ternak dan menggunakan peralatan mesin dalam menjalankan produksi nya, dan juga memiliki biaya overhead pabrik yang jumlahnya cukup besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penyusunan anggaran biaya overhead pabrik yang dilakukan PT. Nexgen Bio Agribisnis dan apakah sudah tepat, dan juga untuk bagaimana pengendalian biaya overhead pabrik yang terjadi di PT Nexgen Bio Agribisnis dan apakah sudah terkendali. Penelitian merupakan penelitian kualitatif. Data penelitian bersumber dari laporan keuangan PT. Nexgen Bio Agribisnis tahun 2017 yakni berupa anggaran dan realisasi biaya overhead pabrik. Sumber penelitian yang digunakan adalah wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis, prosedur penyusunan anggaran biaya overhead pabrik pada PT. Nexgen Bio Agribisnis belum sepenuhnya dikatakan tepat jika dibandingkan dengan kajian teori yang ada, karena terdapat 2 perbedaan yang mengakibatkan adanya ketidaktepatan dalam prosedur penyusunan anggaran biaya overhead pabrik. Untuk mengetahui bagaimana pengendalian biaya overhead pabrik PT. Nexgen Bio Agribisnis dan apakah sudah terkendali adalah dengan membandingkan antara biaya yang dianggarkan dengan biaya yang sesungguhnya. Apabila terjadi selisih, baik menguntungkan atau tidak menguntungkan tetapi masih berada di bawah batas toleransi sebesar 5% dikatakan terkendali. Sedangkan untuk mencari penyebab terjadi selisih digunakan analisis selisih biaya overhead pabrik yang terdiri dari selisih anggaran, selisih kapasitas, selisih efisiensi tetap, dan selisih efisiensi variabel. Berdasarkan hasil analisis selisih diketahui bahwa antara anggaran dan realisisasi terdapat selisih tidak menguntungkan sebesar Rp. 17.138.520 atau 23,44% yang di sebabkan oleh selisih anggaran sebesar Rp. 6.391.840 atau 7,62%, selisih kapasitas sebesar Rp. 10.750.200 atau 14,39%, selisih efisiensi tetap sebesar Rp. 0,00 atau 0%, selisih efisiensi variabel sebesar 0,00 atau 0%. Dari keempat selisih tersebut selisih anggaran dan selisih kapasitas dapat dikatakan tidak terkendali karena berada di atas batas toleransi 5%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian, Biaya Overhead Pabrik, Efisiensi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Aug 2021 08:16
Last Modified: 20 Aug 2021 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12102

Actions (login required)

View Item View Item