Pengaruh Tingkat Debt Financing (DF), Equity Financing (EF), Non Performing Financing Terhadap Profit Expence Ratio (PER) Pada Bank Syariah Mandiri Indonesia Tahun 2012-2019

P, Destria Khadijah Putriana (2021) Pengaruh Tingkat Debt Financing (DF), Equity Financing (EF), Non Performing Financing Terhadap Profit Expence Ratio (PER) Pada Bank Syariah Mandiri Indonesia Tahun 2012-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Destria Khadijah Putriana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank syariah dalam kegiatan pembiayaan mengeluarkan dua produk, yaitu produk pembiayaan dengan prinsip jual beli (debt financing) dan pembiayaan dengan prinsip bagi hasil (equity financing). Produk equity financing adalah produk yang diharapkan lebih berkembang dalam menghasilkan laba bagi bank syariah yang tercermin dalam profit expence ratio (PER), kenyataannya produk debt financing lebih unggul dibandingkan dengan produk equity financing. Prosuk equity financing yang berdasarkan profit and loss sharing dalam pembagian hasil, kenyataannya di Indonesia masih berdasarkan profit sharing dalam pembagian hasil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis debt financing, equity financing dan non performing financing pada Bank Syariah Mandiri. Dari ketiga variabel tersebut, mana yang berpengaruh secara signifikan terhadap profit expence ratio pada Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari lembaga terkait yakni Bank Indonesia. Penelitian ini menggunakan data laporan neraca keuangan, laporan laba rugi dan laporan rasio keuangan dalam bentuk triwulanan dari Januari 2012 – Desember 2019 pada PT Bank Syariah Mandiri. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda dengan menggunakan alat nantu SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan Debt financing (X1), Equity financing (X2), Non performing financing (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap Profit expence ratio. Secara parsial Debt financing memiliki hubungan positif dan tidak signifikan terhadap Profit expence ratio pada PT. Bank Syariah Mandiri dengan nilai t sebesar 0.826 dan probabilitas signifikansi sebesar 0.416. Equity financing memiliki hubungan negatif dan tidak signifikansi terhadap Profit expence Ratio pada PT. Bank Syariah Mandiri dengan nilai t sebesar -0.096 dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0.924. Non performing financing memiliki hubungan negatif dan signifikansi terhadap Profit expence ratio pada PT. Bank Syariah Mandiri dengan nilai t sebesar -5.577 dan probabilitas signifikansi sebesar 0.000.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:43
Last Modified: 20 Aug 2021 07:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12099

Actions (login required)

View Item View Item