Perlindungan Hukum Bagi Pekerja Anak (Studi Analisis UU NO 13 TAHUN 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dalam Tinjauan Fiqh Siyasah Studi Kasus Kota Tebing Tinggi)

Yurenza, Raendy (2020) Perlindungan Hukum Bagi Pekerja Anak (Studi Analisis UU NO 13 TAHUN 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dalam Tinjauan Fiqh Siyasah Studi Kasus Kota Tebing Tinggi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAENDY YURENZA DIPERBAIKI (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum bagi pekerja anak pada CV. Limas Manis jika ditinjau dari Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Fiqh Siyasah. Penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis atau empiris dengan menggunakan pendekatan empiris atau yuridis sosiologis. Pada penelitian ini penulis memperoleh data menggunakan metode observasi dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa CV. Lima Manis sudah menerapkan apa yang terdapat pada pasal 69 ayat 2 Undang-undang Ketenagakerjaan akan tetapi ada sebagian yang belum sesuai dalam pasal tersebut terkait : (1) Izin tertulis dari orang tua atau wali; (2) Perjanjian kerja antara pengusaha dengan orang tua atau wali; (3) Waktu jam kerja maksimum 3 jam; (4) Dilakukan pada siang hari dan tidak menggangu waktu sekolah; (5) Keselamatan dan kesehatan kerja. Sedangkan ditinjau dari hukum islam praktek pekerja anak di CV. Lima Manis sudah sesuai dengan ketentuan dalam Islam terkait kewajiban pengusaha terhadap para pekerjanya yang meliputi memberi keringanan pekerjaan bagi para pekerja anak dengan kata lain memberikan pekerjaan sesuai dengan kemampuan anak, pemberian gaji atau upah tepat pada waktunya, dan telah terpenuhinya syarat serta rukun dalam Ijarah

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:34
Last Modified: 20 Aug 2021 07:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12098

Actions (login required)

View Item View Item