Analisis Penerapan KYCP (Know Your Costumer Principle) Dalam Upaya Pencegahan Pencucian Uang (Money Laundering) (Studi Kasus PT. Bank Sumut Syariah)

Harahap, Annisah Utami (2020) Analisis Penerapan KYCP (Know Your Costumer Principle) Dalam Upaya Pencegahan Pencucian Uang (Money Laundering) (Studi Kasus PT. Bank Sumut Syariah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Annisah Utami Hrp.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui bagaimana mekanisme dan penerapan Know Your Customer Principle dalam upaya pencegahan pencucian uang pada PT. Bank Sumut Syariah. 2. Untuk mengetahui apakah terdapat kendala pada penerapan Know Your Customer Principle dalam upaya pencegahan pencucian uang pada PT. Bank Sumut Syariah. 3. Untuk Mengetahui sisi etika bisnis menurut pandangan Islam dari Know Your Customer Principle pada PT. Bank Sumut Syariah Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode tabulasi sederhana. Data-data yang diperoleh dari hasil penelitian dipaparkan dalam bentuk penyajian teks dekskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : 1). Mekanisme penerapan prinsip pengenalan nasabah meliputi beberapa prosedur yang terdiri dari dari kebijakan dan prosedur penerimaan dan identifikasi nasabah, pemantauan rekening nasabah, pemantauan transaksi nasabah serta kebijakan dan prosedur manajemen risiko. 2). Kendala yang dihadapi oleh Bank Sumut Syariah dalam proses pelaksanaan penerapan prinsip pengenalan nasabah terdiri dari 2 yaitu kendala internal dan eksternal. 3). Berdasarkan firman Allah SWT dan sabda Rasulullah SAW maka penerapan sistem pengenalan nasbah yang dilakukan oleh pihak perbankan sudah sesuai dengan syariat islam, karena esensi dari penerapan sistem pengenalan nasbah tersebut adalah untuk mencegah terjadinya kemungkaran yaitu berupa tidakan pencucian uang. Dimana dalam etika bisnis islam pelaksanaan kegiatan bisnis harus lah sesuai dengan syariat oleh sebab itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwasanya penerapan sistem pengenalan nasabah telah sesuai dengan pandangan etika bisnis islam

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Aug 2021 06:22
Last Modified: 19 Aug 2021 06:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12086

Actions (login required)

View Item View Item