Problematika Sistem Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 2 Pangkalan Susu Kabupaten Langkat

Sebayang, Khairiah (2021) Problematika Sistem Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMPN 2 Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
TESIS KHAIRIAH (1).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam tentang proses pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam pada masa pandemic covid-19 di SMP Negeri 2 Pangkalan Susu Kabupaten Langkat; dan memetakan permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam tersebut, berupaya menemukan solusi guna mengatasi kendala-kendala dan permasalahan yang muncul dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 2 Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang berbentuk deskriptif analitis dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode; (1) Observasi; (2) Wawancara; (3) Dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru Pendidikan agama Islam, orangtua dan siswa SMP Negeri 2 Pangkalan Susu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Proses pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 2 Pangkalan Susu Kabupaten Langkat masih dalam proses pemantapan dan evaluasi menuju ke tahap yang lebih baik dan maju dengan tetap berpedoman pada pembelajaran tatap muka dengan Kegiatan Pembuka, Inti dan Penutup. (2) Problematika yang muncul dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam pada masa pandemic covid-19 di SMP Negeri 2 Pangkalan Susu Kabupaten Langkat adalah: Masih ada anak didik yang tidak memiliki android untuk melakukan sistem pembelajaran daring, rendahnya motivasi belajar siswa pada masa pandemi hal dikarenakan kurang pahamnya siswa terhadap penyampaian materi yang dilakukan secara daring, selain itu jaringan internet di lingkungan tempat tinggal siswa yang kurang bagus, apabila terjadi pemadaman listrik maka diikuti pula dengan hilangnya jaringan, dan banyak orang tua yang mengeluh dalam pembelian paket internet untuk mengikuti pembelajaran daring di tengah PROBLEMATIKA SISTEM PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 2 PANGKALAN SUSU KABUPATEN LANGKAT Khairiah Sebayang sulitnya ekonomi terutama saat pandemi covid-19, guru kurang terampil dalam membuat inovasi pembelajaran secara daring, guru tidak menggunakan perangkat pembelajaran daring dalam pelaksanaan pembelajarannya. (3) Upaya yang dilakukan sebagai solusinya adalah dengan menganjurkan siswa tersebut untuk langsung datang kesekolah atau belajar dengan teman, meningkatkan kepedulian guru kepada murid, memberi nasihat dan motivasi dan melakukan kerjasama dengan guru lain agar lebih kompeten dan melek teknologi.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:24
Last Modified: 19 Aug 2021 04:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12081

Actions (login required)

View Item View Item