Implementasi Logika Fuzzy Sugeno Dalam Menganalisis Ketersediaan Beras Saat Pandemi Covid-19 Di Perum BULOG Sumatera Utara

Pratiwi, Ria Widiya (2021) Implementasi Logika Fuzzy Sugeno Dalam Menganalisis Ketersediaan Beras Saat Pandemi Covid-19 Di Perum BULOG Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ria Widiya.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Selama Pandemi Covid-19 kegiatan ekonomi di Sumatera Utara mengalami masalah karena banyaknya masyarakat yang di-PHK dan kehilangan pekerjaannya yang membuat mereka khawatir dalam mencapai bahan pokok beras. Sehingga Pemerintah merasa perlu memberikan bantuan beras yang langsung disalurkan melalui BULOG. Dengan adanya bantuan sosial langsung kepada masyarakat ini, bisa saja membuat persediaan beras mengalami ketidakstabilan stok pemasukan dan pengeluaran beras setidaknya sampai bulan Februari 2021. Maka perlu dianalisis ketersediaan beras di Perum BULOG agar persediaan stok beras di Perum BULOG tetap stabil saat Pandemi Covid-19. Dengan logika fuzzy Sugeno akan mempresentasikan ketidakpastian, ketidakjelasan, ketidaktepatan yang kemudian akan menghasilkan suatu model dari suatu sistem yang mampu memperkirakan jumlah persediaan beras saat pandemi Covid-19. Di bulan Januari, pada perhitungan realisasi dari pihak Perum BULOG Sumatera Utara, persediaan akhir diperoleh sebesar 42.941 ton, sedangkan hasil dari metode fuzzy Sugeno diperoeh sebesar 34.833,06 ton. Ini menunjukkan bahwa ada ketidaksesuaian antara jumlah pemasukan dan pengeluaran beras. Perencaan jumlah persediaan akhir beras dengan menggunakan metode fuzzy Sugeno menghasilkan hasil yang lebih optimum. Sehingga, Perum BULOG bisa menjaga kestabilan jumlah perediaan beras selama Pandemi Covid-19.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:48
Last Modified: 18 Aug 2021 08:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12073

Actions (login required)

View Item View Item