Dinamika Kurikulum Di Madrasah Al-Qismul ‘Ali Al-Washliyah Jalan Ismailiyah Medan (1955-2018)

Harahap, Debi Miftahul Khair (2020) Dinamika Kurikulum Di Madrasah Al-Qismul ‘Ali Al-Washliyah Jalan Ismailiyah Medan (1955-2018). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Asli.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan dinamika kurikulum di Madrasah Al-Qismul Ali Jalan Ismailiyah Medan, 2) mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat dinamika kurikulum madrasah Al-Qismul ‘Ali Al-Washliyah Jalan Ismailiyah Medan, dan 3) mendeskripsikan relevansi kurikulum di madrasah al-Qismul ‘Ali terhadap pengembangan pendidikan Islam saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi Fenomenology. Pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi, display dan verifikasi. Hasil dari penelitian selanjutnya diuji kebenarannya dengan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) dinamika kurikulum di Madrasah Al-Qismul Ali Jalan Ismailiyah Medan mengalami tiga periode perubahan kurikulum yaitu Kurikulum kurikulum tingkatan Al Qismul Ali (3 Tahun) tahun 1955-1977, kurikulum tingkatan Madrasah Al Qismul Ali Tahun 1978-2009, dan kurikulum Madrasah Al-Qismul Ali Tahun 2012-2013 menjadi kurikulum terakhir yang masih digunakan sampai tahun 2020. 2) faktor yang mendukung perubahan kurikulum di Madrasah Al-Qismul Ali Jalan Ismailiyah Medan adalah: adanya dukungan dari pihak yayasan perguruan Al Jamiyatul Washliyah, para muallim dan masyarakat, adanya keputusan SKB Tiga Menteri tahun 1975, perguruan tinggi dan perkembangan ilmu teknologi. Sementara faktor yang menghambat adalah: sistem pendidikan di Madrasah Al-Qismul Ali Jalan Ismailiyah Medan bersifat sentralisasi yang melambatkan proses perubahan pendidikan, persaingan pendidikan dan kesiapan siswa dalam menghadapi perubahan kurikulum, bahan ajar dan media pembelajaran. 3) relevansi kurikulim di Madrasah Al-Qismul Ali Jalan Ismailiyah Medan dengan perkembangan pendidikan masa kini adalah memiliki visi, misi dan tujuan pendidikan yang sejalan dengan tujuan Pendidikan Nasional dengan harapan menciptakan lulusan ulama cendikiawan yang berwawasan dan terampil dalam agama, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dinamika, Kurikulum, Madrasah, Al Jamiyatul Washliyah, Al Qismul Ali
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.35 Kurikulum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:13
Last Modified: 13 Aug 2021 07:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12052

Actions (login required)

View Item View Item