Kewajiban orang tua memberikan pendidikan bagi anak berdasarkan Kompilasi Hukum Islam (Studi Kasus Desa Pantai Cermin Kanan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai)

Syahputra, Faisal (2020) Kewajiban orang tua memberikan pendidikan bagi anak berdasarkan Kompilasi Hukum Islam (Studi Kasus Desa Pantai Cermin Kanan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kewajiban orang tua memberikan pendidikan bagi anak berdasarkan Kompilasi Hukum Islam (Studi Kasus Desa Pantai Cermin Kanan Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai) di bombing oleh pembimbing I Bapak Drs. Azwani Lubis, M.A dan Pembimbing II Bapak Ali Akbar M.Ag. Tanggung jawab yang harus dipikul oleh suami salah satunya adalah tentang memberikan pendidikan yang baik pada anak yang harus di penuhi untuk anak-anak. Pendidikan sudah menjadi kewajiban atas para suami, bahwa mereka wajib menunaikannya kepada istri-istri mereka dengan mengajarkan pendidikan agama yang baik berdasarkan apa yang telah tertulis pada KHI (Kompilasi Hukum Islam) pada pasal 80 ayat 4 huruf C suami berkewajiban memberikan pendidikan kepada anak. Akan tetapi ada beberapa hal yang terjadi pada masyarakat desa pantai cermin kanan kecamatan pantai cermin kabupaten serdang bedagai mengenai kewajiban orang tua memberikan pendidikan bagi anak berdasarkan kompilasi hukum islam (KHI) yang sebagian besar orang tua pada masyarakat nelayan kurang memberikan nafkah pendidikan berdasarkan kompilasi hukum islam pasal 80 ayat 4 huruf C. Adapun tujuan penulis meneiliti tentang ini untuk mengetahui bagaimana kondisi dan tingkat pendidikan anak-anak di desa pantai cermin kanan kecamatan pantai cermin kanan, kemudian penulis juga meneliti tentang bagaimana pelaksanaan kewajiban orang tua dalam memberikan pendidikan pada anak di desa pantai cermin kanan, lalu penulis juga meneliti tentang pandangan kompilasi hukum islam (KHI) pasal 80 tentang kewajiban memberikan pendidikan pada anak di desa pantai cermin kanan. Dan adapun jenis penelitian ini di pakai sebagai dasar utama pelaksanaan riset. Oleh karena itu, penentuan jenis penelitian didasarkan pada penilaian yang tepat Karena berpengaruh pada seluruh perjalanan riset. Dilihat dari jenisnya, maka penelitian ini termasuk dalam kategori studi kasus (case study). Dan adapun hasil penelitian penulis ialah kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya sebuah pendidikan itu sangat rendah, keterbatasan keuangan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.37 Menyusui dan mengasuh/memelihara anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:02
Last Modified: 13 Aug 2021 07:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12049

Actions (login required)

View Item View Item